Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARANKOMIK LOKAL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDI KASUS: “MENCARI KOPI ACEH”& “KOMIK GA JELAS”)

Neza Prima, Angga and Handaningtyas, Uliviana Restu and Nurjuman, Husnan (2021) STRATEGI PEMASARANKOMIK LOKAL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDI KASUS: “MENCARI KOPI ACEH”& “KOMIK GA JELAS”). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI (FULL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Angga Neza Prima, NIM.6662142627. Strategi Pemasaran Komik Lokal Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus: Mencari Kopi Aceh & Komik Ga Jelas). Pembimbing 1: Uliviana Restu H., S.Sos., M.Si dan Pembimbing 2: Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si Komik dikenal sebagai salah satu media hiburan serta penyampaian pesan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Sasaran pembaca yang variatif menjadikan komik dipasarkan melalui proses penyaluran yang berbeda-beda, sesuai dengan kemudahan jangkauan ataupun kedekatan akses pada masing-masing kalangan pembaca, serta faktor penentu lainnya.Saat ini komik lokal telah banyak dipasarkan melalui metode pemasaran yang variatif, mulai dari pemasaran media digital, acara dan eksibisi, bahkan cara pemasaran unik lain diluar dari konsep pasar komik konvensional. Berdasarkan pengamatan, beberapa komikus lokal menggunakan kombinasi dari beberapa macam metode pemasaran untuk memperluas pasar dan membuat jarak antara mereka sebagai komunikator dan pembaca sebagai komunikan semakin dekat. Gabungan dari berbagai metode pemasaran ini dianggap memiliki peranan dalam meningkatkan penjualan oleh beberapa komikus, sehingga mereka bekerjasama dengan penerbit untuk menghasilkan konten dan cara pemasaran yang berbeda dari komikus lokal lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kata kunci: Komik, strategi, IMC ABSTRACT Angga Neza Prima, NIM.6662142627. Local Comic’sMarketing StrategyBased On Marketing Communication’sPerspectives (Case Studies: Mencari Kopi Aceh & Komik Ga Jelas). Uliviana Restu H., S.Sos., M.Si and Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si Comichas known as an entertaining communication’s mediumwhich got pretty much interest in Indonesian’s society. The various target of the consumers makes it need to sale on also variety ways, as how easy the right consumers might reach it or the closest range to the readers, and more factors. The varieties of these integration marketing methods considered an important rule to increase the sale value fro which comic artist, so they have to cooperate with their pubishers to result a different marketing way from another local comic creators. This reseach uses a qualitative and descriptive methode with the data accumulation by observation, interview, and also document study. Keywords: Comic, strategy, IMC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:25
Last Modified: 19 Jul 2024 15:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9742

Actions (login required)

View Item View Item