Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Kualias Pelayanan Pada Aplikasi Whatsapp (PANDAWA) BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Dimasa Pademi Covid-19.

Nookesa Angraeni, Yolani and Jaiz, Muhammad and Witantra, Ari Pandu (2021) Pengaruh Kualias Pelayanan Pada Aplikasi Whatsapp (PANDAWA) BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Dimasa Pademi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yolani Nookesa A. NIM. 6662170096. Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Skripsi. Terdapat Pengaruh Kualitas Pelyanan pada Aplikasi PANDAWA BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Di Masa Pandemi Covid-19. Pembimbing I : Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Pd. dan Pembimbing II Ari Pandu W, S.Sos., M.I.Kom. Inovasi berupa kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) merupakan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis digitalisasi pelayanan, masyarakat dapat menikmati pengurusan BPJS Kesehatan tanpa harus tatap muka. Inovai ini merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi wabah covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada aplikasi whatsapp PANDAWA BPJS Kesehatan terhadap kepuasan pengguna di masa pademi covid-19 ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teori yang digunakannya itu Uses and Gratification Theory. Sampel penelitian berjumlah 100 orang pengguna BPJS Kesehatan yang telah menggunakan fitur whatsapp PANDAWA BPJS Kesehatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat uji statistic yakni SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0.880, yang artinya bahwa ada bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas (Kualitas Pelyanan pada Aplikasi PANDAWA BPJS Kesehatan) terhadap variabel terikat (Kepuasan Pengguna) adalah sebesar 87 %. Sedangkan sisanya sebesar 13% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelyanan pada Aplikasi PANDAWA BPJS Kesehatan dengan nilai thitung26.782 > ttabel1.664. Artinya Terdapat Pengaruh Kualitas Pelyanan pada Aplikasi PANDAWA BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Di Masa Pandemi Covid-19. Kata kunci : Kualitas pelayanan, PANDAWA BPJS Keshatan, Uses and Gratification Theory. ABSTRACT Yolani Nookesa A. NIM 6662170096. Communication Studies Program. Sultan Ageng Tirtayasa University. Thesis. Influence of service quality on the PANDAWA BPJS Kesehatan application on user satisfaction during the Covid-19 pandemic. Advisor I: Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Ed. and Advisor II Ari Pandu W, S.Sos., M.Com. Innovation in the form of an Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) is a service to the community based on digitizing services, the public can enjoy the management of BPJS Kesehatan without having to face to face. This innovation is a form of BPJS Health's commitment to support government programs in tackling the COVID-19 outbreak. Therefore, this study aims to determine the effect of service quality on the PANDAWA BPJS Kesehatan whatsapp application on user satisfaction during this covid-19 pandemic. This research is a quantitative research. The theory he uses is Uses and Gratification Theory. The research sample is 100 BPJS Kesehatan users who have used the PANDAWA BPJS Kesehatan whatsapp feature. The data collection technique used is purposive sampling. Data processing in this study was carried out using a statistical test tool, namely SPSS version 24. Based on the results of this study, the coefficient of determination (R square) was 0.880, which means that there is an influence between the independent variables (Service Quality in the PANDAWA BPJS Kesehatan Application) on the the dependent variable (User Satisfaction) is 87%. While the remaining 13% is explained by other variables not included in this study. The results of the t-test also show that the Service Quality variable in the PANDAWA BPJS Kesehatan Application with a thitung value of 26,782 > ttabel 1,664. This means that there is an influence of service quality on the PANDAWA BPJS Kesehatan application on user satisfaction during the Covid-19 pandemic. Kata kunci : Servive Quality, PANDAWA BPJS Keshatan, Uses and Gratification Theory.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:24
Last Modified: 19 Jul 2024 15:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item