Nurasiah, Juniarti (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK (Penelitian Tindakan Di TK Swadharma Kota Tangrang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (7MB) |
Abstract
In essence, every child born into the world has been equipped with a variety of talents and potentials, including creative potential. Every child has to have the potential creativity naturally. Creativity is closely associated with cognitive development, because creativity is a manifestation of the brain work. Development of brain function in these children should be in trying to do from an early age which is the golden age (Golden age). At this time the child has a lot of ease in receiving stimulation that will take effect on brain function. One that can provide stimulation on brain function, especially the creativity of children, through various learning activities using the project,because by providing a variety of materials derived from recycled materials, traditional materials and modern materials will bring the desire to explore, and solve problems in conducting activities and training coordination between hands and eyes of children. This activity is very good for stimulating the brain function of children with very rapidly. This study aims to determine the creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Swadharma Tangerang City. The subject of this research were 10 children aged 5-6 years which consists of 5 boys and 5 girls. The method used in this research is a class act. Results of this study were obtained after authors conducted observations in two cycles to achieve mastery learning. The average level of achievement of creativity in children aged 5-6 years in kindergarten Swadharma Tangerang City in the first cycle with the implementation of as many as 8 meeting reaches 46% and the second cycle by as much as 6 meeting execution reached 80%. Based on the results of the data that has been obtained, it can be concluded that by using the method of projects in the learning activities, the creativity of children aged 5-6 increased very well in the second semester, academic year 2014-2015 in kindergarten Swadharma Tangerang City. Keywords: Methods Project, Early Childhood Creativity.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pada hakikatnya setiap anak yang terlahir ke dunia telah dilengkapi dengan berbagai bakat dan potensi, termasuk potensi kreatif. Setiap anak telah memiliki potensi kreativitasnya secara alami. Kreativitas sangat erat kaitannya dengan perkembangan kognitif, karena kreativitas merupakan perwujudan dari pekerjaan otak. Perkembangan fungsi otak pada anak ini hendaknya di upayakan sejak usia dini yang merupakan usia keemasan (Golden age). Pada masa ini anak memiliki banyak kemudahan dalam menerima stimulasi yang akan berpengarung pada fungsi otaknya. Salah satu yang dapat memberikan stimulasi pada fungsi otak khususnya kreativitas anak yaitu melalui berbagai kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode proyek, karena dengan menyediakan berbagai bahan-bahan yang berasal dari barang bekas, bahan tradisional maupun bahan modern akan memunculkan keinginan untuk mengeksplorasi, dan memecahkan masalah dalam melakukan kegiatan serta melatih koordinasi antara tangan dan mata anak. Kegiatan ini sangat baik untuk merangsang fungsi otak anak dengan sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Swadharma Kota Tangerang. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diperoleh setelah penulis mengadakan pengamatan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata tingkat pencapaian kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TK Swadharma Kota Tangerang pada siklus I dengan pelaksanaan sebanyak 8 pertemuan mencapai 46% dan pada siklus II dengan pelaksanaan sebanyak 6 pertemuan mencapai 80%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode proyek dalam kegiatan pembelajaran, kreativitas anak usia 5-6 meningkat sangat baik pada semester II, tahun ajaran 2014-2015 di TK Swadharma Kota Tangerang. Kata kunci : Metode Proyek, Kreativitas anak usia dini. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Metode Proyek, Kreativitas anak usia dini Keywords: Methods Project, Early Childhood Creativity. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2021 15:32 | |||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2021 15:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9725 |
Actions (login required)
View Item |