Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI METODE LATIHAN MANDIRI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari 1 Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Tahun Ajaran 2014-2015)

Amerta Sari, Tirta (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI METODE LATIHAN MANDIRI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari 1 Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Tahun Ajaran 2014-2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI METODE LATIHAN MANDIRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (4MB)

Abstract

So importance to habbit the write by a student, we can progress that with short story. But many problem can failed this program such as, unfocus to study about shot story, a view knowledge about short story and the metode still not match to teaching short story in the school. So that, PTK about how to progress the student can be write the short story by drills metode do in SDN Sukasari I at sept 28, 2014 until oct 10,2014. Do pra siclus at sept 28, 2014 get success 32% (8) students, siclus 1 and 2 must do. Use the drill metode to give habbit to all student about short story continue. Siclus 1 do at sept 29, 2014 and oct 1, 2014 get progress 76% (19) students. So the siclus 2 do at oct 8 and 9, 2014 with perfect step in drill metode, get 100% progrees and all student success. The conclusion the drills metode matching if use to teach about short story and give habbit to all student . Keywords: habbit write short story- drills metode

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorFR, Herwan197306142003121001
Additional Information: Pentingnya menanamkan kebiasaan menulis bagi seorang siswa dapat dilakukan melalui upaya meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek. Pemicu kurangnya keterampilan menulis cerita pendek pada siswa diantaranya adalah tidak terfokusnya pembelajaran mengenai cerita pendek di kelas, rendahnya pengetahuan mengenai cerita pendek dan belum adanya metode yang tepat dalam membina keterampilan menulis cerita pendek. Oleh karena itu PTK mengenai peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui metode latihan mandiri dilaksanakan di SDN Sukasari 1 pada 28 September hingga 10 Oktober 2014. Pelaksanaan prasiklus pada 28 september 2014 dengan perolehan nilai tuntas 32% (8 )orang siswa, yang mengharuskan tindakan siklus 1 dan 2 harus segera dilaksanakan. Melalui metode latihan mandiri yang menekankan pembiasaan latihan pada siswa, siklus 1 pada 29 September dan1 Oktober 2014 memeroleh peningkatan keterampilan hingga 76% (19) orang siswa bernilai di atas KKM, lonjakan hasil ini belum memenuhi target lantaran masih banyak siswa yang kurang serius menanggapi pelajaran. Pada 8 dan 9 oktober 2014 siklus 2 dilaksanakan dengan metode latihan mandiri yang akhirnya memperlihatkan perolehan peningkatan 100% diatas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode latihan mandiri sangat efektif bila digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. Kata kunci : keterampilan menulis cerita pendek- metode latihan mandiri
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keterampilan menulis cerita pendek- metode latihan mandiri Keywords: habbit write short story- drills metode
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Dec 2021 15:06
Last Modified: 23 Dec 2021 15:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item