Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENCETAK DARI BAHAN ALAM DI TK TUNAS MERAK PANDEGLANG

Siti Lestari, Wahyu (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENCETAK DARI BAHAN ALAM DI TK TUNAS MERAK PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENCETAK DARI BAHAN ALA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (6MB)

Abstract

Fine motor is a movement using smooth muscles or using the half parts of the body that affected by the chance to study and practice. Print is a method to increase the number of the pictures using instrument / printing / hint. The natural ingtedient is a material that utilized as a media for study. Base on the research in Tunas Merak Pandeglang Kindergarten, the capability of fine motor by the print activity from natural ingredient are low, about 15%.The method in this study is the method of Classroom Action Research (CAR) with 2 cycles, each cycle consisting of 10 times the action and the action success criteria 75 %. Subject penelian amounted to 12 children. The technique of collecting data through observation, field notes , interview and documentation. Data analysis using data reduction, data display and conclusion.. The results of this research note that 1) At the initial assessment of a child 's ability to read the beginning of the 15 %, 2) After the child is given the action on the first cycle, the ability of the child began to increase to 31%. 3) Cycle II obtained a yield of 91%. It can be concluded that the flash media card can increase reading skills of 4-5 year olds beginning in early childhood Tunas Merak. Keyword : children’s fine motor system, age 4-5 years, print activity from natural ingredients.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorRosidah, Laily198005232006042041
Additional Information: Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Mencetak merupakan suatu cara memperbanyak gambar dengan alat/cetak/acuan. Bahan alam yaitu bahan yang diperoleh dari alam untuk membuat suatu produk atau karya.Bahan alam dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Berdasarkan hasil pra penelitian di TK Tunas Merak Pandeglang, kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak dari bahan alam rendah dengan nilai 15%.Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 10 kali tindakan dan dengan kriteria keberhasilan tindakan 75%. Subjek penelian berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) Pada asesmen awal kemampuan mencetak anak 15%, 2) Setelah anak diberikan tindakan pada Siklus I, kemampuan anak mulai meningkat menjadi 31%. 3) Siklus II diperoleh hasil sebesar 91%. Maka dapat disimpulkan bahwa media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Merak Pandeglang. Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia 4-5 Tahun, Kegiatan Mencetak dari Bahan Alam.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia 4-5 Tahun, Kegiatan Mencetak dari Bahan Alam. Keyword : children’s fine motor system, age 4-5 years, print activity from natural ingredients..
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Dec 2021 14:58
Last Modified: 23 Dec 2021 14:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9715

Actions (login required)

View Item View Item