Permata Sari, Ira (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Di TK Dharma Yustisia Kelurahan Sukasari Kota Tangerang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE ANAK USI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (20MB) |
Abstract
Kid education is in order the development of kid can develop throughly according to his/her age. One aspec of development that must be given stimulation well is kid cognitive development. Cognitive development consist of auditory ability, visual ability, tactic ability, kinestetic ability, aritmetica ability, geometry ability and first science. Kid cognitive development, can be seen from whatthey do, that is pushed by big curiousity from kid. Cognitive can develop quickly through game that use concrete things. On this research the researcher focus to improving the ability to know geometry form through puzzle playing activity on 5-6 years old kid at Dharma Yustisia Kindergarten Sukasari Resident Tangerang City. This subject research consists of 12 (twelve) 5-6 years old kids that consist from 7(seven) boys and 5 (five) daughters. The method that is used in this research is class action research. The result of this research is got after the researcher did observation in two cycles to reach study finishment. The average level of ability achievement in knowing geometry form on 5-6 years old kid at Dharma Yustisia Kindergarten Sukasari Resident Tangerang City in cycle I by doing 8 meetings reach 53% and in cycle II by doing 2 meetings reach 81%. Based on the data result that was got, can be concluded that by using puzzle playing activity in learning activities ability of knowing geometry form 5-6 years old kid improve well in semester II, 2014-2015 learning year at Dharma Yustisia Kindergarten Sukasari Resident Tangerang City. Keywords: Puzzle playing activity, the ability of knowing geometry from.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pendidikan anak usia dini adalah agar perkembangan kemampuan anak dapat berkembang secara utuh sesuai dengan usianya. Salah satu aspek perkembangan yang perlu diberikan stimulasi dengan baik adalah perkembangan kognitif anak. Perkembangan kognitif terdiri atas kemampuan auditory, visual, taktik, kinestetik, aritmetika, geometri, dan sains pemulaan. Perkembangan kognitif anak dapat dilihat dari apa yang mereka lakukan, yang didorong rasa ingin tahu yang besar pada diri anak. Kognitif akan cepat berkembang melalui permainan yang menggunakan benda yang konkret. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan bermain puzzle anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Yustisia Kelurahan Sukasari Kota Tangerang. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diperoleh setelah penulis mengadakan pengamatan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata tingkat pencapaian kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Yustisia Kelurahan Sukasari Kota Tangerang pada siklus I dengan pelaksanaan sebanyak 8 pertemuan mencapai 53% dan pada siklus II dengan pelaksanaan sebanyak 2 pertemuan mencapai 81%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kegiatan bermain puzzle dalam kegiatan pembelajaran, kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 meningkat sangat baik pada semester II, tahun ajaran 2014-2015 di TK Dharma Yustisa Kelurahan Sukasari Kota Tangerang. Kata kunci : Kegiatan bermain puzzle, Kemampuan mengenal bentuk geometri. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kegiatan bermain puzzle, Kemampuan mengenal bentuk geometri Keywords: Puzzle playing activity, the ability of knowing geometry from | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2021 14:47 | |||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2021 14:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9712 |
Actions (login required)
View Item |