Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Konsep Diri Perempuan Desa Pelaku Bisnis Online (Studi Kasus Pada Remaja Putri Pelaku Bisnis Online Di Desa Panyabrangan Kecamatan Cikeusal)

Setiawati, Devi (2021) Konsep Diri Perempuan Desa Pelaku Bisnis Online (Studi Kasus Pada Remaja Putri Pelaku Bisnis Online Di Desa Panyabrangan Kecamatan Cikeusal). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
KARYA ILMIAH FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi berbasis internet semakin pesat, hal ini yang menyebabkan bisnis online semakin diminati. Penelitian ini berjudul konsep diri perempuan desa pelaku bisnis online. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitiaan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui konsep diri positif serta konsep diri negatif remaja putri pelaku bisnis online. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi intrapersonal, konsep diri, keterbukaan diri, media baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengelola kedai “Aku Cendol Kamu”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa remaja putri pelaku bisnis online memiliki konsep diri yang positif. Konsep diri positif sendiri ditandai dengan beberapa hal, seperti mampu mengatasi masalah, merasa setara dengan orang lain, menerima pujian tanpa rasa malu, menyadari bahwa setiap orang mempunyai berbagai perasaan, dan mampu memperbaiki diri. Para informan juga memilih untuk tidak terlalu menanggapi ketika ada orang yang memandang rendah terhadap pekerjaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJaiz, Muhammad197106292003121001
Thesis advisorNurjuman, Husnan197012222003121001
Additional Information: Currently the development of internet-based technology is growing rapidly, this causes online business to be increasingly in demand. This research is entitled Self Concept of Village Women Online Business Actors. In this study, researchers used qualitative research methods that aim to determine the positive self-concept and negative self-concept of young women doing online business. The theory used in this research is communication, intrapersonal communication, self-concept, self-disclosure, new media. This study used descriptive qualitative method. The data collection technique was done by interview, observation, and documentation. The resource persons in this study were the owner and manager of the "Aku Cendol Kamu" shop. The results of this study indicate that young women who do online business have a positive self-concept. Positive self-concept itself is characterized by several things, such as being able to overcome problems, feel equal to others, accept praise without shame, realize that everyone has various feelings, and be able to improve themselves. Informants also choose not to respond too much when people look down on their work.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep Diri, Remaja Putri, Bisnis Online Keywords: Self Concept, Young Women, Online Business
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 10:20
Last Modified: 13 Apr 2023 10:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9707

Actions (login required)

View Item View Item