Arianti, Gita (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN KONSEP NASKAH DRAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING ( Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN Citerep Kec.Walantaka. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN KONSEP NASKAH DRAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (4MB) |
Abstract
Primary education is the education level in the early to determine the success of education to the next level . Primary education was established to produce graduates who have the character , attitude , mental , knowledge and develop the potential within themselves optimally . This study , subjects were taken from grade 5 SDN Citerep Walantaka Serang District of as many as 33 students . Problems that arise in the school is the low student learning outcomes of speech , which caused less variation teachers in using the learning method . To optimize the conditions of active learning, the learning is applied to the method of Role Playing on Indonesian subjects . Based on the above , the formulation of the problem as follows : ( 1 ) How is the implementation of the concept of learning to speak with a play on the fifth grade students of SDN Citerep , Walantaka subdistrict , Serang , Banten province , school year 2014/2015 by using role playing ? ( 2 ) How does an increase in the ability to speak with the concept of a play in the fifth grade students of SDN Citerep , Walantaka subdistrict , Serang , Banten province , following the school year 2014/2015 after learning Indonesian by applying the method of role playing ?. This study aims to improve the ability to speak with the concept of a play by using the method of role playing on Indonesian subjects . This research method uses classroom action research . This study was conducted with 2 cycles , eraser cycle consists of 2 meetings and consists of 4 tahp , namely : 1 ) planning , 2 ) action . 3 ) observation , 4 ) reflection . The researchers also used the instrument of observation , testing , and field notes . The hypothesis of this study is " Learning by Using Role Playing Method Can Improve Learning Outcomes Concepts Drama Script Speaking in classroom learning SDN 2014/2015 Citerep Year " . Based on the analysis results of the study are 1 ) increase student learning outcomes in the first cycle of 6:10 % and 7.65 % second cycle . In addition , student activity is increased in the first cycle of 6:12 % and 7:45 % second cycle . Keywords : Method of Role Playing Speech
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal untuk menetukan keberhasilan dalam pendidikan ke jenjang berikutnya. Pendidikan dasar dibentuk untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai karakter, sikap, mental, pengetahuan dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya secara optimal. Penelitian ini, subyek yang diambil adalah siswa kelas 5 SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kabupaten Serang sebanyak 33 siswa. Masalah yang muncul pada sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang kemampuan berbicara, yang disebabkan kurang bervariasinya guru dalam menggunakan metode pembelajaran tersebut. Untuk mengoptimalkan kondisi pembelajaran yang aktif, maka diterapkan pembelajaran dengan metode Role Playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan konsep naskah drama pada siswa kelas V SDN Citerep, Kecamatan Walantaka , Kabupaten Serang, Provinsi Banten, tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode role playing? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dengan konsep naskah drama pada siswa kelas V SDN Citerep, Kecamatan Walantaka , Kabupaten Serang, Provinsi Banten, tahun pelajaran 2014/2015 setelah mengikuti pemelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan metode metode role playing?. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara dengan konsep naskah drama dengan menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setip siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahp, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan. 3) observasi, 4) refleksi. Peneliti ini juga menggunakan instrument observasi, tes, dan catatan lapangan. Hipotesis penelitian ini adalah “Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara dalam Konsep Naskah Drama di kelas V SDN Citerep Tahun pembelajaran 2014/2015”. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh adalah 1) kenaikan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 6.10% dan siklus II 7.65%. Selain itu, aktifitas siswa mengalami kenaikan yaitu pada siklus I sebesar 6.12% dan siklus II 7.45%. Kata Kunci : Metode Role Playing Kemampuan Berbicara | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Role Playing Kemampuan Berbicara Keywords : Method of Role Playing Speech | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 10:56 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 10:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9702 |
Actions (login required)
View Item |