Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERBAGAI METODE PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B ( Penelitian Tindakan Kelas Di TK Khairun Nisa Kota Tangerang)

Nur Meisak, Eva (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERBAGAI METODE PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B ( Penelitian Tindakan Kelas Di TK Khairun Nisa Kota Tangerang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERBAGAI METODE PEMBELAJARAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (10MB)

Abstract

Early childhood is a period in which children learn to digest all, what he heard, saw and felt the child through the five senses. At the time of the child should be given the right stimulation to develop aspects of child development that are owned primarily speech development. Children learn to talk through the senses of hearing he would digest what he heard from the surrounding environment, to facilitate language development of children required an appropriate learning method and good order progress achieved. This study aims to determine the development of 5-6 year old children talking in kindergarten Khairun Nisa. The research subjects were 12 children aged 5-6 years which consists of 10 boys and 2 girls. The method used in this research is a class act. Results of this study were obtained after authors conducted observations in two cycles to achieve mastery learning. The average level of achievement perembangan spoke on kindergarten children aged 5-6 years Khairun Nisa in the second cycle reaches 76%. It can be concluded that, by using a variety of learning methods can enhance language development of children aged 5-6 years in the second semester of 2014-2015 school year in kindergarten Khairun Nisa. Keywords: teaching methods, the development of speech.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIsti Rusdiyani, Isti196402281990012001
Thesis advisorRosidah, Laily198805232006042041
Additional Information: Anak usia dini merupakan masa dimana anak belajar dengan mencerna semua, apa yang dia dengar, lihat dan anak rasakan melalui panca inderanya. Pada masa tersebut anak harus diberikan stimulasi yang tepat untuk mengembangkan aspek perkembangan anak yang dimiliki terutama perkembangan bicara. Anak belajar bicara melalui indera pendengarannya ia akan mencerna apa yang ia dengar dari lingkungan sekitarnya, untuk memperlancar perkembangan berbicara anak diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat dan baik agar perkembangannya tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK Khairun Nisa. Subjek penelitian ini berjumlah 12 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diperoleh setelah penulis mengadakan pengamatan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata tingkat pencapaian perembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun TK Khairun Nisa pada siklus II mencapai 76%. Dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan berbicara anak usia 5-6 Tahun semester II pada tahun pelajaran 2014-2015 di TK Khairun Nisa. Kata kunci : metode pembelajaran, perkembangan berbicara.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : metode pembelajaran, perkembangan berbicara Keywords: teaching methods, the development of speech.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 10:49
Last Modified: 22 Dec 2021 10:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9701

Actions (login required)

View Item View Item