Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tapos 1 Cadasari Pandeglang

Nurhasanah, Nurhasanah (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tapos 1 Cadasari Pandeglang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 dan 23 April 2015, sedangkan pada siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 07 Mei 2015. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa yang terjadi setiap siklusnya. Pada siklus pertama mendapatkan nilai rata-rata 1380 dengan persentase 70%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 1600 dengan persentase 90%. Selain itu pada siklus pertama aktivitas belajar siswa mendapat persentase 64,30%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tapos 1. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosia

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 dan 23 April 2015, sedangkan pada siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 07 Mei 2015. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa yang terjadi setiap siklusnya. Pada siklus pertama mendapatkan nilai rata-rata 1380 dengan persentase 70%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 1600 dengan persentase 90%. Selain itu pada siklus pertama aktivitas belajar siswa mendapat persentase 64,30%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tapos 1. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosial
Uncontrolled Keywords: Keyword : Learning Result, Teams Games Tournament (TGT), Social Sciences Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 10:08
Last Modified: 22 Dec 2021 10:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item