Nurhasanah, Nurhasanah (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tapos 1 Cadasari Pandeglang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 dan 23 April 2015, sedangkan pada siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 07 Mei 2015. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa yang terjadi setiap siklusnya. Pada siklus pertama mendapatkan nilai rata-rata 1380 dengan persentase 70%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 1600 dengan persentase 90%. Selain itu pada siklus pertama aktivitas belajar siswa mendapat persentase 64,30%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tapos 1. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosia
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 dan 23 April 2015, sedangkan pada siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 07 Mei 2015. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa yang terjadi setiap siklusnya. Pada siklus pertama mendapatkan nilai rata-rata 1380 dengan persentase 70%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 1600 dengan persentase 90%. Selain itu pada siklus pertama aktivitas belajar siswa mendapat persentase 64,30%. Kemudian pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tapos 1. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keyword : Learning Result, Teams Games Tournament (TGT), Social Sciences Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 10:08 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 10:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9694 |
Actions (login required)
View Item |