Cerera, Dwi (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN Cibeber I Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IN.PDF - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (9MB) |
Abstract
This research background by the findings in the learning process in the classroom VI SDN Cibeber I Cibeber District Cilegon. Many students who have not been able to achieve a predetermined standard KKM, which is 65. In the implementation of teacher learning are less motivating to students' learning and teachers have not been using / learning model that fits the needs of students, so that students are not enthusiastic in participating in social studies learning, other than that the participation or involvement of the students became less active because students are not given the agreements to explore knowledge. The purpose of this study is to improve student learning outcomes in social studies using a model of social inquiry learning. This study was conducted in September 2014. The subjects were students of class VI SDN Cibeber I Cilegon with a number of 39 students consisting of 18 girls and 21 students. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR), which consists of 2 cycles. Cycle I held on December 12 and September 16, cycle performed on 19 and 23 September. Each cycle consists of lesson planning, action, observation, and reflection. The results showed an increase in activity and student learning outcomes in social studies in each cycle. In the first cycle of the first meeting of student activity reached 60% and in the second meeting reached 86.67%. At the first meeting of the second cycle of student activity reached 80% and in the second meeting reached 93.33%. Improved student learning outcomes in the first cycle of 84.61% and an increase in student learning outcomes in second cycle reached 92.30%. Based on the results obtained during the second cycle shows that student learning outcomes in social studies can be increased by using a model of social inquiry learning. Keywords: Learning Outcomes, Subject Social Studies, Social Inquiry Learning Model.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan-temuan dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN Cibeber I Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Banyak siswa yang belum mampu mencapai standar KKM yang telah ditentukan, yaitu 65. Dalam pelaksanaan pembelajarannya guru kurang membangkitkan motivasi belajar siswa dan guru belum menggunakan metode/model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS, selain itu peran serta atau keterlibatan siswa menjadi kurang aktiv karena siswa tidak diberikan kesepatan untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri sosial. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VI SDN Cibeber I Cilegon dengan jumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswi dan 21 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 12 dan 16 September, siklus II dilaksanakan pada tanggal 19 dan 23 September. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama aktivitas siswa mencapai 60% dan pada pertemuan kedua mencapai 86,67%. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa mencapai 80% dan pada pertemuan kedua mencapai 93,33%. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 84,61% dan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat selama 2 siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri sosial. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri Sosial. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri Sosial. Keywords: Learning Outcomes, Subject Social Studies, Social Inquiry Learning Model. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 09:45 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 09:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9691 |
Actions (login required)
View Item |