Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA di KELAS V DENGAN METODE EKSPERIMEN Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukadalem II Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang Provinsi Banten

Mulyasari, Anna (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA di KELAS V DENGAN METODE EKSPERIMEN Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukadalem II Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang Provinsi Banten. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA di.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (3MB)

Abstract

This research is based one passive students’ activity and the lack of interest to learn in the middle of learning process, and for that the result of student’s study is low. One of the reason is the methods that are not varied causes passive learning process. The purposes of this research is (1). To upgrade students’ activity in learning natural science through trial and experiment (2) to upgrade students’ outcome using experimental methods. The research methods used is Classroom Action Research that implemented in two cycles, each cycle includes : planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected with test, observation, and field report. The research was held in SDN Sukadalem 2 Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang. The subjects of this research are 33 students from 5th grade. The result of the research showed that (1) the application of experimental method could raise students’ learning activity, the percentage of students’ activity in first cycle and first meeting is 50 %. In the second meeting, it’s 71,42 % and for the second cycle is 92,85%. (2) the application of this experimental method could raise students’ activity in learning natural science. This is showed by increased students’ average grades from cycle 1 to cycle 2 .students’ average grades in cycle 1 is 69,69% and in cycle 2 is 87,87%. The conclusion from this research is that learning using experimental method could increase students’ grades in natural science for 5th grade SDN sukadalem 2 kecamatanwaringinkurung, kabupatenserang school year 2013/2014. It is recommended for teachers to apply experimental method in natural science learning to raise students’ grade. Keyword : learning outcomes, natural science (IPA), experimental method aplication

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang cenderung diam dan kurangnya minat belajar siswa pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Salah satupenyebabnyaadalahmetode yang tidakbervariatifsehingga proses pembelajaranmenjadipasif. Tujuan penelitianini yaitu (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran IPA melalui kegiatan percobaan atau eksperimen (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan catatan lapangan.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukadalem 2 Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode eksperimendapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, persentase aktivitas siswa siklusI pertemuan 1 sebesar 50%, pada pertemuan 2 sebesar 71,42%, dan siklus II sebesar 92,85% (2) Penerapan metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata siswa meningkat, mulai dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 66,90 dan pada siklus II 75 dengan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 69,69% dan pada siklus II 87,87%. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa pembelajaran melalui metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Sukadalem 2 Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2013/2014. Disarankan bagi guru untuk menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), penerapanmetode Eksperimen.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), penerapanmetode Eksperimen. Keyword : learning outcomes, natural science (IPA), experimental method aplication
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 09:13
Last Modified: 22 Dec 2021 09:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9689

Actions (login required)

View Item View Item