Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN KACA PEMBESAR SEDERHANA DAN MODEL PERISKOP PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas V SDN Tunggak Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN KACA PEMBESAR SEDERHANA DAN MODEL PERISKOP PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas V SDN Tunggak Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN KACA PEMBESAR SEDERHANA DAN MODEL P.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (18MB)

Abstract

Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) is very important to improve the quality of learning. The purpose of this study to improve student learning outcomes in science subjects in Class V SDN Tunggak Bojonegara District of Serang. Classroom Action Research was conducted because of the low student learning outcomes in science subjects. Practical and Simple Magnifying Glass Making Periscope Model is expected to improve student learning outcomes in science subjects. The focus of this action research is to improve student learning outcomes in subjects of Natural Science (IPA) in the fifth grade students of SDN Tunggak 2013-2014 school year the District Bojonegara Serang, amounting to 30 students. Classroom action research data obtained using research instruments that have been prepared, namely, achievement test, product assessment rubric, field notes and photographs. Implementation of action research consists of the first cycle and second cycle. Based on the results of action research that has been conducted lab-making simple magnifier and periscope models can improve student learning outcomes. Students are more enthusiastic and active in learning. Based on the data obtained from the results of research in the field of action of this class increases student learning outcomes and better in each cycle compared with the initial conditions prior to the action. Initial conditions prior to the action, student learning outcomes by 20%. In the first cycle, student achievement should be diprosentasekan by 80.37% and the second cycle was 81.47%. Based on the results of action of this class, the teacher advised the class to use the practical manufacture of a simple magnifying glass and moel periscope in the implementation of learning science as a solution to improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Additional Information: Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Tunggak Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Praktikum Pembuatan Kaca Pembesar Sederhana dan Model Periskop ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Fokus penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V SDN Tunggak tahun ajaran 2013-2014 Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian tindakan kelas diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian yang telah dipersiapkan yaitu, tes hasil belajar, rubrik penilaian produk, catatan lapangan dan foto. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan praktikum pembuatan kaca pembesar sederhana dan model periskop dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa antusias dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dari hasil penelitian tindakan kelas ini hasil belajar siswa meningkat dan lebih baik pada setiap siklus dibandingkan dengan kondisi awal sebelum dilakukan tindakan. Kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa sebesar 20%. Pada siklus I, pencapaian hasil belajar siswa dapat diprosentasekan sebesar 80,37% dan pada siklus II sebesar 81,47%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, disarankan kepada guru kelas untuk menggunakan praktikum pembuatan kaca pembesar sederhana dan moel periskop dalam pelaksanaan pembelajaran IPA sebagai salah satu solusi meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Praktikum Pembuatan Kaca Pembesar Sederhana dan Model Periskop
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Praktikum Pembuatan Kaca Pembesar Sederhana dan Model Periskop
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 08:49
Last Modified: 22 Dec 2021 08:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9684

Actions (login required)

View Item View Item