Marisa, Marisa (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SDN Serang 14). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DENGAN M.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (32MB) |
Abstract
The purpose of this research is to improve students learning result. Subject on this research are 5th grade students of SDN 14 the number of students are 31. Research that using is Class Action Research (CAR), research conducted in accordance with the Cycle II Flow Research Kemmis and Mc. Taggart. Data collection is to use the test results of student learning and student study activity observation. The results showed an increase from cycle I to cycle II. The average value of the first cycle is 67.9 students with learning completeness percentage is 67.7%. And the average value of second cycle is 82.2% students with learning completeness percentage reaches 100%. It was concluded that cooperative learning type Numbered Head of Stuctured can improve student learning result 5th grade in social studies. Keywords : Learning Outcomes, Numbered head structured, Social Studies
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Serang 14 dengan jumlah siswa 31. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam II Siklus sesuai dengan Alur Penelitian Kemmis and Mc. Taggart. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa siklus I mencapai 67,9 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 67,7%. Dan nilai rata-rata siswa siklus II mencapai 82,2 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor tertsruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kepala Bernomor Terstruktur, Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keywords : Learning Outcomes, Numbered head structured, Social Studies Kata Kunci : Hasil Belajar, Kepala Bernomor Terstruktur, Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2021 15:06 | |||||||||
Last Modified: | 21 Dec 2021 15:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9677 |
Actions (login required)
View Item |