Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa kelas V SD Negeri Pejaten 2, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

Rizka Agni, Nur (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa kelas V SD Negeri Pejaten 2, Kabupaten Serang, Provinsi Banten). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (16MB)

Abstract

The Class Action Research (CAR) distriburted by the low level of student learning outcomes and student learning activity at fifth grade of 2 Pejaten state elementary school with under of average value minimum criteria completeness namely 70 in Natural Science Lessons. The purpose of this research is to improve learning of outcomes and student’s learning on material phenomenon by using model of cooperative learning type of think pair share. The researsh done of two cycle every cycle comprise with two meetings and consist of four phase there are planning, immplementation, observation, and reflection. Learning outcomes at the first cycle which is getting value > 70 minimum criteria completeness asmany as 41,87% (it has not achived successful indicator). And then which is getting at second cycle showed that the student which is getting value > 70 asmany ass 93% (it has achived successful indicator). The outcomes agree successful indicator hoped (> 75% increased). Student learning activity at first cycle geeting presentage 46,51% (it has not achived successful indicator) mean while meeting the 2 cycles 1 got 58.13%. at second cycle 1 meeting to get a percentage of 74.41% and a meeting to 2 gets a percentage of 88.37% (it has achived successful indicator). Cooperative model type of think pair share can be increase learning outcomes and student learning activities at fifth grade of 2 Pejaten state elementary school, Serang regency. Keywords: learning outcomes, cooperative model type of think pair share, natural science

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorNulhakim, Lukman197904092007101001
Additional Information: Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Pejaten 2 dengan nilai rata-rata dibawah KKM yaitu 70 pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi peristiwa alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapat nilai > 70 (KKM) sebanyak 41,87% (belum mencapai indikator keberhasilan). Pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 70 sebanyak 93% (telah mencapai indikator keberhasilan). Hasil ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan (≥75% meningkat). Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan ke 1 mendapatkan persentase 46,51% (belum mencapai indikator keberhasilan) pada pertemuan ke 2 mendapat 58,13% sedangkan pada siklus II pertemuan ke 1 mendapat 74,41% sedangkan pada pertemuan ke 2 mendapatkan persentase 88,37% (telah mencapai indikator keberhasilan). Model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar ssiwa pada kelas V SD Negeri Pejaten 2 Kabupaten Serang. Kata Kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe think pair share, mata pelajaran ipa.
Uncontrolled Keywords: Keywords: learning outcomes, cooperative model type of think pair share, natural science ata Kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe think pair share, mata pelajaran ipa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Dec 2021 15:18
Last Modified: 16 Dec 2021 15:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9658

Actions (login required)

View Item View Item