Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN BUKU HARIAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

RAMDHIANI, REGINA and Tustiantina, Diana and Herwan, Herwan (2016) PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN BUKU HARIAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN BUKU HARIAN TERHADAP PMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Metode Resitasi merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk merangsang berfikir tinggi siswa dalam situasi yang berbeda-beada. Sedangkan Buku Harian adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan proses berfikir siswa pada kegiatan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 23 Kota Serang; (2) mengetahui kemampuan menulis puisi dengan menggunakan Buku Harian pada siswa kelas VIII SMPN 23 Kota Serang; (3) mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode resitasi dengan pembelajaran menulis puisi yang menggunakan Buku Harian pada siswa kelas VIII SMPN 23 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Variable bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode resitasi dan buku harian dan variable terikatnya kekampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Kota Serang. Sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumplan data menggunakan tes (pretest dan postest) dengan bentuk uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji persyaratan data yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan tekniik uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode resitasi dan buku harian berpengarauh terhadap kemampuan menulis puisi siswa, hal ini dibuktikan dengan hsdil uji-t T hitung 2,04 ≠ T 1,70. Namun metode resitasi lebih berpengaruh dibandingkan dengan buku harian. Hasil uji-t skor pretest dan postest pada kelompok control diperoleh nilai t hitung tabel 4,84 ≠ t 1,70. Sedangkan, pada kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung 6,67 ≠ t tabel tabel 1,70. Perbedaan kemampuan menulis kelompok control dan kelompok eksperimen juga dapat dilihat dari skor rata-rata masing-masing kelompok. Rata-rata skor pretest kelompok eksperimen sebesar 53,5 dan skor rata-rata postest 70,75 yang berarti terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi sebesar 17,25. Sedangkan pada kelompok control diketahui skor rata-rata pretest sebesar 51,5 dan skor rata-rata postest sebesar 66,75 yang berarti terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi sebesar 15,25. Kata Kunci : Menulis, metode resitasi, buku harian, puisi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTustiantina, Diana198212052006042002
Thesis advisorHerwan, Herwan197306142003121001
Uncontrolled Keywords: Menulis, metode resitasi, buku harian, puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Dec 2021 12:42
Last Modified: 15 Dec 2021 12:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item