Anisah, Sri (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN WADASARI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Wadasari Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang-Banten Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (18MB) |
Abstract
The purpose of this research is for increasing student activity and learning achievement in social social sciences with word square strategiesan. Type of this research is a classroom action research (PTK) method. The prosedure carried which was held on two cycles, each cycle contained: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques in this study using the test results observation sheet of student activity, interview guidance, documentation and question sheet to test students study result using the assessment scores. Based on the research that has been carried out, showing that on the average of student activity learning at first cycle (78,75%) with category “good” increased 16,25% at cycle 1I be (95%) with category “very good”. The completion of student learning students which completed a total students as much as 54,1%. In cycle II to 86,5% an increase of 32,4% . Which is in line with the indicators of success which has been established and has been achieved. Based on this research study concludes that the application of the learning word square strategies in social. Key words: Strategies Learning Word Square, Learning IPS, activities and learning achievement students.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran word square. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur di laksanakan melalui dua siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, pedoman wawancara, dokumentasi dan lembar soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan penilaian skor. Hasil penelitian yang telah di laksanakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (78,75%) dengan kategori “Baik” meningkat sebesar 16,25% pada siklus II menjadi (95%) dengan kategori “Baik Sekali”. Ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa 54,1%. Pada siklus ke II di persentasikan yaitu 86.5% terjadi peningkatan sebanyak 32.4%. Hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah di tetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penggunaan strategi Word Square pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Word Square, Pembelajaran IPS, aktivitas dan hasil belajar siswa | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Strategi Pembelajaran Word Square, Pembelajaran IPS, aktivitas dan hasil belajar siswa Key words: Strategies Learning Word Square, Learning IPS, activities and learning achievement students. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2021 14:53 | |||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2021 14:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9633 |
Actions (login required)
View Item |