Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV DI SDN KETILENG II Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV SDN Ketileng II Tahun Ajaran 2013/2014 Cilegon – Banten

Husna, Sifaul (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV DI SDN KETILENG II Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV SDN Ketileng II Tahun Ajaran 2013/2014 Cilegon – Banten. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (5MB)

Abstract

This research was based on the low learning achievement of students that below Standard Score. There were 45% or 19 students that didn’t pass the Standard Score and there were 55% or 25 students that passed the Standard Score in IPA lesson at SDN Ketileng II. This happened because teacher monotonically taught the students, so the students were not eager to pay attention to the teacher and they also were bored to learn what the teacher taught. The aim of the research was to improve learning achievement in IPA lesson through Index Card Match strategy. This research was conducted at SDN Ketileng II Kecamatan Cilegon. The subject of the research was IV grade students with success indicator indicated 80% of 44 students who learned through Index Card Match strategy. The method of the research was Classroom Action Research which was conducted in two cycles which contained 2 meeting in each cycle. Based on the research, there were 31 students from 44 students or 72,09% passed the Standard Score and in the second cycle it improved to 39 students or 90,69% passed the Standard Score with set success indicator. This result showed the improvement of students’ achievement from cycle I and cycle II. Based on the result IPA lesson learning activity by implementing Index Card Match strategy can improve students’ achiement on IPA lesson at IV grade student of SDN Ketileng II Kecamatan Cilegon, 2013/2014 academic year. Keyword : Index Card Match Strategy, Learning Achievement, IPA lesson

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorAsih, Indhira196906292003122001
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang mendapat nilai dibawah KKM 45% atau 19 siswa dan siswa yang mendapat nilai diatas KKM 55% atau 25 siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Ketileng II. Hal ini terjadi karena guru dalam kegiatan proses pembelajarannya masih bersifat monoton, sehingga siswa kurang semangat dalam belajar dan siswa merasa bosan menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hail belajar pada mata pelajaran IPA melalui strategi index card match . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ketileng II kecamatan Cilegon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan indikator keberhasilan yaitu hasil belajar siswa mencapai 80% dari 44 siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi index card match. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa dari 44 siswa atau 72,09%, sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 39 siswa yang tuntas atau 90,69% , hasil tersebut sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Ketileng II kecamatan cilegon, tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Strategi Index Card Match, hasil belajar, IPA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Index Card Match, hasil belajar, IPA Keyword : Index Card Match Strategy, Learning Achievement, IPA lesson
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Dec 2021 12:16
Last Modified: 14 Dec 2021 12:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item