Ms, Maryati (2015) MANAJEMEN PELAYANAN PEMBERANGKATAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE LUAR NEGERI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI (DISNAKERTRANS) KABUPATEN SERANG (Studi Kasus di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MANAJEMEN PELAYANAN PEMBERANGKATAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE LUAR NEGERI DI DINAS TENAGA KE.PDF - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (9MB) |
Abstract
Background Research by the Management of the departure service of Indonesian Workers (TKI) to the Foreign Affairs Office of Manpower and Transmigration (DISNAKERTRANS) Serang (Case Study in District Pontang Serang District) that have not been going well. This research uses the theory of service management by Ratminto and Atik (2005). Using a qualitative descriptive method, which shows DISNAKERTRANS Serang district still less resources and dissemination of information regarding the procedures and mechanisms for Indonesian workers who will work abroad as well as the less of supervision or monitoring to PPTKIS in subdistrict Pontang ongoing basis. The results of service management departure of Indonesian workers abroad in the Department of Manpower and Transmigration Serang District is not optimal, which adversely affects the service obtained by the Indonesian workers. The recommendation are need for an active role of agencies involved in providing information to prospective Indonesian workers who will work abroad or hold counseling, oversight supervision to implementing private placement of Indonesian workers. Keywords: DISNAKERTRANS, The Management of Service, Indonesian Manpower
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian dilatar belakangi oleh adanya Manajemen Pelayanan Pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Kabupaten Serang (Studi Kasus di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang) yang belum berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan teori manajemen pelayanan dari Ratminto dan Atik (2005). Menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menunjukkan bahwa DISNAKERTRANS Kabupaten Serang masih minimnya sumber informasi dan kegiatan sosialisasi mengenai prosedur dan mekanisme informasi untuk tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri serta masih kurangnya pengawasan atau monitoring ke PPTKIS yang ada di daerah Kecamatan Pontang secara berkesinambungan. Kesimpulan yaitu manajemen pelayanan pemberangkatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang belum optimal, yang berdampak pada rendahnya pelayanan yang didapatkan oleh tenaga kerja Indonesia. Saran yaitu perlunya peran aktif dari instansi terkait dalam pemberian informasi kepada calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri atau mengadakan penyuluhan, melakukan pengawasan secara menyeluruh ke pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta. Kata Kunci : DISNAKERTRANS, Manajemen Pelayanan, Tenaga Kerja Indonesia. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : DISNAKERTRANS, Manajemen Pelayanan, Tenaga Kerja Indonesia. | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | |||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2021 14:54 | |||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2021 14:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9549 |
Actions (login required)
View Item |