Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PETIR

ISNI ORISTA, NENENG (2019) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PETIR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PETIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual) pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Petir tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes uraian. Nilai rata-rata dari setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah 68,4% pada indikator menyimpulkan (Tinggi), 73,5% pada indikator membangun keterampilan dasar (tinggi), 63,2 % pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut (cukup), 69,6% indikator memberikan penjelasan sederhana (tinggi), dan 65,7% indikator mengatur strategi (tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDwi Lestari, IingUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: This study aim to determine profile students critical thinking skills through the SAVI learning approach (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) on the concept of biodiversity. The research method used is descriptive research. The population is all students of class X SMAN 1 Petir in 2018/2019 academic year. The sample in this study were students of class X MIPA 3 who selected using random sampling techniques. Techniques for collecting data are obtained through description tests. The average value for indicators of critical thinking ability is 68.4% on indicators conclude (high), 73.5% on indicators to build basic skills ( high), 63.2 % on indicators make further clarification (moderate), 69.6% of indicators provide simple explanation (high), and 65.7% for indicator set strategies (high).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Dec 2021 12:07
Last Modified: 07 Dec 2021 12:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item