Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI KAMPUNG BEBOJONG KECAMATAN KASEMEN KOTA SERANG BANTEN

RAHMAWATI, MUTIA (2019) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI KAMPUNG BEBOJONG KECAMATAN KASEMEN KOTA SERANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI KAMPUNG BEBOJONG KECAMATAN KASEMEN KOTA SERANG BANTEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini agar (1) masyarakat dapat memahami pentingnya pendidikan bagi anak perempuan di Kampung Bebojong Kecamatan Kasemen. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang dilakukan secara deskriptif tanpa hitung-hitungan angka, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang bagaimana persepsi/pandangan masyarakat terhadap pendidikan anak perempuan. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi (2) wawancara (3) studi dokumentasi, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi data. Sebagai akhir dari pembahasan ini penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut : (1) Orang tua di Kampung Bebojong dapat memberikan kesempatan kepada anak-anaknya terutama anak perempuannya agar diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan para orangtua juga harus mulai membuka diri terhadap perkembangan budaya yang lebih modern, dan upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi kesenjangan tingkat pendidikan di Kampung Bebojong Kecamatan Kasemen bagi anak laki-laki dan anak perempuan yaitu diadakannya penyuluhan rutin oleh pemerintah setempat tentang pentingnya pendidikan khususnya bagi anak perempuan di Kampung Bebojong Kecamatan Kasemen. Serta, dapat terjalinnya komunikasi yang baik antara guru di sekolah dan orangtua siswa dirumah dalam bekerjasama membentuk karakteristik anak sedangkan hambatan yang terjadi dalam proses perubahan persepsi/pandangan masyarakat Kampung Bebojong adalah pola pikir yang sudah terbentuk secara turun- menurun dari orangtua sejak jaman dahulu.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHaila, HidayatullahUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
Additional Information: This research is conducted so that (1) the community can understand the importance of education for girls in Bebojong Village, Kasemen District. The method used by the author in this study is a qualitative approach method that is an approach that is carried out descriptively without numerical calculations, namely a research method that presents data and actual facts about how people's perceptions / views of girls' education. In this study the qualitative approach must be based on data or information obtained through research as follows: (1) observation (2) interviews (3) documentation study, and collecting data and facts that occur with additional references from several books related to the issues discussed. The data processing techniques and data analysis in this study include the reduction phase, data presentation stage, and data verification stage. As the end of this discussion the authors convey conclusions, as follows: (1) Parents in Bebojong Village can provide opportunities for their children, especially their daughters, to be given the opportunity to pursue higher education and parents must also begin to open up to the development of a more modern culture, and efforts that can be made in reducing the gap in the level of education in Bebojong Village, Kasemen Subdistrict for boys and girls, namely conducting routine counseling by the local government about the importance of education especially for girls in Bebojong Village, Kasemen Sub-District. And, good communication can be established between teachers in the school and parents of students at home in collaborating to shape the characteristics of children while the obstacles that occur in the process of changing perceptions / views of the people of Bebojong Village are mindsets that have been formed from parents from time immemorial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Dec 2021 11:34
Last Modified: 07 Dec 2021 11:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9503

Actions (login required)

View Item View Item