SAFITRI, DIAN (2019) PERBANDINGAN KETERPADUAN TIPE WEBBED DAN INTEGRATED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERBANDINGAN KETERPADUAN TIPE WEBBED DAN INTEGRATED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterpaduan Tipe Webbed dan Tipe Integrated terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Tema Pemanasan Global. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Serang tahun ajaran 2019/2020. Dengan sampel kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1 (keterpaduan tipe webbed) dan VII H sebagai kelas eksperimen 2 (keterpaduan tipe integrated) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 sebesar 70,24 termasuk dalam kategori kreatif dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2 sebesar 63,57 termasuk dalam kategori cukup kreatif. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t (t-test) dengan nilai sebesar 0,066 > a = 0,05. Hasil pengujian menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan keterpaduan tipe webbed dan integrated.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The research aims to determine the comparison of webbed and integrated type integration on creative thinking abilities of student at SMP Negeri 14 Kota Serang in global warming themes. The method used in this research is quasi experiment using Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. The research population is all of student of class VII SMP Negeri 14 Kota Serang academic year 2019/2020. The research sampel is consist of two classes, grade VII G as experimental 1 sample class (webbed type of integration) and grade VII H as experimental 2 sample class (integrated type of integration) taken by purposive sampling. The tehniques of data collections is using posttest to measure student creative thinking. The average value of students creative thinking abilities in experiment class 1 is 70,24 with good criteria and average value of students creative thinking abilities in experiment class 2 is 63,57 with completed criteria. The hypotesis analyze using t-test result is obtained significance value 0,066 > a = 0,05. Based on research results can be concluded that there are not diferences significance in creative thinking abilities student using webbed and integrated type integration. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2021 11:15 | |||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2021 11:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |