Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG

Dwi Putra, Indri (2015) KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (4MB)

Abstract

The research discussed about the issue of the service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency. The aim of this study is to measure of service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency review of the dimensions of Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability. The research used in this research is descriptive quantitative. Method the data were obtained through questionnaire from 170 respondents. Respondents of this research is treatment used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang Regency. Engineering analysis used in this research is technique analysis service quality (SERVQUAL). To processing and analyze the data using the validity test, reliability test, normality of test, t-test, and the right side test. The result of this research is service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara is has been best. The result can be seen from the number tcount > ttable (15,7 > 0,159) are supported by the results of the best of the achievement of 72% of the rate ofat least 60%. So the conclusion is service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency is has been well. Researcher’s suggestion is responsiveness indicator is can be increased again Keywords: Service Quality, SERVQUAL, Jaminan Kesehatan Nasional Card

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSapto Nugroho, Kandung197809182005011002
Thesis advisorFuad, Anis198009082006041002
Additional Information: Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pengguna kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang ditiinjau dari dimensi Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 170 responden. Responden dari penelitian ini adalah pasien yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Untuk pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji pihak kanan. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional sudah baik. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (15,7 > 0,159) yang didukung dengan hasil pencapaian skor 72% dari angka minimal 60%. Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang sudah baik. Saran dari peneliti indikator responsiveness dapat ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Kartu Jaminan Kesehatan Nasional
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Keywords: Service Quality, SERVQUAL, Jaminan Kesehatan Nasional Card
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Dec 2021 10:06
Last Modified: 07 Dec 2021 10:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9489

Actions (login required)

View Item View Item