Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS SALURAN PEMASARAN BERAS (Study Kasus Di Desa Pegadingan Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten)

FIDA ISMAIL, AKBAR (2018) ANALISIS SALURAN PEMASARAN BERAS (Study Kasus Di Desa Pegadingan Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
ANALISIS SALURAN PEMASARAN BERAS (Study Kasus Di Desa Pegadingan Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten).PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The purpose of this research is to analyze the marketing of rice, marketing agency and the form of rice marketing channel especially in Pegadingan Village Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten. The method used in this research is survey method. Respondent population was conducted by census by taking all population in research area 31 respondents by using snowball sampling method. The result of this study describe that 1) kinds of marketing agencies is producers, collecting traders, retailers, wholesalers and end consumers. 2) the fuction of the institution such as the fuction of exchange, risk-bearer, and market information. 3) the form of marketing channel there are three that is the producerto the final consumer, or the industrial consumer and channel the two producers to the collecting merchant to the retailer then to the final consumer or the consumer of the industry and the producer to the merchant then to the wholesaler then to the retailer then the industrial consumer or end consumers.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherna, SuhernaUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawan, JohanUNSPECIFIED
Additional Information: Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk Indonesia. Usahatani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi sekitar 21 juta rumah tangga pertanian. Menurut Suryana dalam Dewa, 2007 beras juga merupakan komoditas politik yang sangat strategis, sehingga produksi beras dalam negeri menjadi tolok ukur ketersediaan pangan bagi Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, lokasi penelitian ditentukan dengan secara sengaja (purposive) di Desa Pegadingan Kecamatan Kramatwatu Serang Banten. Populasi produsen dilakukan secara sensus sebanyak 31 orang produsen. Adapun 4 orang petani beras, 3 orang pedagang besar, 4 orang pedagang pengumpul, dan 20 orang pedagang pengecer, dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 1). Terdapat dua saluran pemasaran beras yaitu saluran pemasaran I: Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir dan Saluran Pemasaran II: Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. 2) Fungsi-fungsi yang dilakukan lembaga pemasaran yaitu, fungsi penjualan, penanggungan resiko dan informasi pasar. 3) Bentuk saluran pemasaran yaitu produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri dan saluran dua produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer lalu konsumen akhir atau konsumen industri dan produsen ke pedagang pengumpul lalu ke pedagang besar lalu ke pedagang pengecer kemudian konsumen industri atau konsumen akhir. 4) Pada efesiensi teknis saluran pemasaran dua adalah sebesar Rp 470/Kg, sedangkan pada saluran tiga pada efesiensi teknis mendapatkan sebesar Rp 480/Kg.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 06 Dec 2021 11:31
Last Modified: 06 Dec 2021 11:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item