Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FERRY EKSEKUTIF PT. ASDP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET DI PELABUHAN TERPADU MERAK

Saputra, Andri and Framanik, Naniek Afrilla and Winangsih, Rahmi (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FERRY EKSEKUTIF PT. ASDP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET DI PELABUHAN TERPADU MERAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_ANDRI SAPUTRA_6662160079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Halaman PENGARUHKUALITASPELAYANAN i LEMBARPERSETUJUAN Error! Bookmark not defined. PERNYATAANORISINALITAS ii LEMBARPENGESAHANSKRIPSI iv MOTTODANPERSEMBAHAN v KATAPENGANTAR vi DAFTARISI viii DAFTARGAMBAR xi DAFTARTABEL xii DAFTARDIAGRAM xv ABSTRAK xvii BABIPENDAHULUAN 1 1.1Latar Belakang Masalah 1 1.2Rumusan Masalah 15 1.3Identifikasi Masalah 15 1.4Tujuan Penelitian 16 1.5Manfaat Penelitian 16 1.5.1 Manfaat Teoritis 16 1.5.2 Manfaat Praktis 16 1.6Sistematika Penulisan 17 BABIITINJAUANPUSTAKA 18 2.1Tinjauan Teoritis 18 2.1.1 Public Relations 18 2.1.2 Kualitas Pelayanan 21 2.1.3 Keputusan Pembelian 27 2.1.4 Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian 33 2.1.5 Pelabuhan 34 2.2Kerangka Teoritis 35 2.3Hipotesis Penelitian 36 2.4Penelitian Terdahulu 36 BABIIIMETODOLOGIPENELITIAN 40 3.1Pendekatan Penelitian 40 3.2Sifat Penelitian 41 3.3Metode Penelitian 42 3.4Operasional Variabel 43 3.5Teknik Pengumpulan Data 46 3.6Populasi dan Sampel 48 3.6.1 Populasi 48 3.6.2 Sampel 49 3.6.3 Teknik Pengambilan Sampel 49 3.7Instrumen Penelitian 50 3.7.1 Uji Validitas 51 3.7.2 Uji Reliabilitas 52 3.8Variabel Penelitian 53 3.9Teknik Pengolahan dan Analisis Data 54 3.9.1 Teknik Pengolahan Data 54 3.9.2 Uji Normalitas Data 55 3.9.3 Uji Koefisien Korelasi 55 3.9.4 Koefisien Determinasi 56 3.9.5 Analisis Deskriptif 57 3.9.6 Analisis Regresi 57 3.9.7 Uji Hipotesis 58 3.10Lokasi Penelitian 59 3.11Jadwal Penelitian 60 BABIVHASILDANPEMBAHASAN 61 4.1Deskripsi Objek Penelitian 61 4.1.1 Sejarah PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) 61 4.1.2 Visi dan Misi 63 4.1.3 Nilai Perusahaan 63 4.2Hasil Pengujian Validitas 64 4.3Hasil Pengujian Reliabilitas 66 4.4Deskripsi Data Penelitian 67 4.4.1 Karakteristik Responden 67 4.4.2 Tanggapan Responden Tentang Variabel X 72 4.4.3 Tanggapan Responden Tentang Variabel Y 87 4.5Pengujian Data Statistik 100 4.5.1 Analisis Deskriptif Data 100 4.5.2 Hasil Pengujian Normalitas Data 115 4.5.3 Hasil Pengujian Koefisien Korelasi 117 4.5.4 Hasil Pengujian Regresi dan Signifikansi 121 4.5.5 Hasil Pengujian Hipotesis Uji T dan Signifikansi 123 4.5.6 Hasil Pengujian Hipotesis Uji F dan Signifikansi 124 4.5.7 Hasil Pengujian Koefisien Determinasi 125 4.6Pembahasan 129 BABVPENUTUP 133 5.1Kesimpulan 133 5.2Saran 135 DAFTARPUSTAKA LAMPIRAN   DAFTAR GAMBAR Gambar2. 1Model Kualitas Pelayanan 23 Gambar 2. 2 TahapanPengambilanKeputusanKonsumen 27 Gambar 2. 3 KerangkaTeoritis 35   DAFTAR TABEL Tabel 1. 1Peringkat Index Persaingan Global Tahun 2018 3 Tabel 1. 2Jadwal Keberangkatan Terminal Eksekutif Sosoro Merak 9 Tabel 1. 3Tarif Tiket Layanan Kapal Eksekutif Merak 10 Tabel 1.4Daftar Jumlah Angkutan Penyebrangan dari Pelabuhan Merak pada Tahun 2019 11 Tabel 3. 1Operasional Variabel 43 Tabel 3. 2Tabel Reliabilitas Berdasarkan Nilai Cronbach Alpha 53 Tabel 3. 3Kriteria Interval Koefisien Korelasi 56 Tabel 3. 4Tabel Kriteria Interpretasi Skor Berdasarkan Persentase 57 Tabel 3. 5Jadwal Penelitian 60 Tabel 4. 1Rekapitulasi Hasil Uji Validitas 64 Tabel 4. 2Rekapitulasi Hasil Uji Validitas 65 Tabel 4. 3Reliability Statistics Variabel X 66 Tabel 4. 4Reability Statistics Variabel Y 66 Tabel 4. 5Frekuensi Jenis Kelamin 67 Tabel 4. 6Frekuensi Usia 68 Tabel 4. 7Frekuensi Pendidikan Terakhir 69 Tabel 4. 8Frekuensi Jenis Pekerjaan 70 Tabel 4. 9Pengalaman Sebelumnya 71 Tabel 4. 10Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-1 72 Tabel 4. 11Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-2 73 Tabel 4. 12Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-3 74 Tabel 4. 13Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-4 75 Tabel 4. 14Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-5 76 Tabel 4. 15Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-6 77 Tabel 4. 16Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-7 78 Tabel 4. 17Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-8 79 Tabel 4. 18Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-9 80 Tabel 4. 19Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-10 81 Tabel 4. 20Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-11 82 Tabel 4. 21Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-12 83 Tabel 4. 22Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-13 84 Tabel 4. 23Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-14 85 Tabel 4. 24Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item X-15 86 Tabel 4. 25Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-1 87 Tabel 4. 26Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-2 88 Tabel 4. 27Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-3 89 Tabel 4. 28Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-4 90 Tabel 4. 29Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-5 91 Tabel 4. 30Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-6 92 Tabel 4. 31Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-7 93 Tabel 4. 32Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-8 94 Tabel 4. 33Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-9 95 Tabel 4. 34Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-10 96 Tabel 4. 35Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-11 97 Tabel 4. 36Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-12 98 Tabel 4. 37Frekuensi Jawaban Responden Untuk Item Y-13 99 Tabel 4. 38Nilai Skor Pernyataan Variabel X 100 Tabel 4. 39Persentase Item Pernyataan Variabel X 107 Tabel 4. 40Nilai Skor Pernyataan Variabel Y 108 Tabel 4. 41Persentase Item Pernyataan Variabel Y 114 Tabel 4. 42One-Sample Kolmogorov Smirnov Test 116 Tabel 4. 43Uji Korelasi Indikator Variabel X.1 Terhadap Y 117 Tabel 4. 44Uji Korelasi Indikator Variabel X.2 Terhadap Y 118 Tabel 4. 45Uji Korelasi Indikator Variabel X.3 Terhadap Y 118 Tabel 4. 46Uji Korelasi Indikator Variabel X.4 Terhadap Y 119 Tabel 4. 47Uji Korelasi Indikator Variabel X.5 Terhadap Y 120 Tabel 4. 48Koefisien Korelasi Variabel X Terhadap Y 120 Tabel 4. 49Tabel Koefisien Regresi Linear 121 Tabel 4. 50Hasil Uji T 123 Tabel 4. 51Hasil Uji F 124 Tabel 4. 52Uji Koefisien DeterminasiIndikator X.1 125 Tabel 4. 53Uji Koefisien Determinasi Indikator X.2 125 Tabel 4. 54Uji Koefisien Determinasi Indikator X.3 126 Tabel 4. 55Uji Koefisien Determinasi Indikator X.4 127 Tabel 4. 56Uji Koefisien Determinasi Indikator X.5 127 Tabel 4. 57Hasil Uji Koefisien Determinasi Variabel X Terhadap Y 128   DAFTAR DIAGRAM Diagram 4. 1Frekuensi Jenis Kelamin 67 Diagram 4. 2Frekuensi Usia 68 Diagram 4. 3Frekuensi Pendidikan Terakhir 69 Diagram 4. 4Frekuensi Jenis Pekerjaan 70 Diagram 4. 5Pengalaman Sebelumnya 71 Diagram 4. 6Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-1 72 Diagram 4. 7Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-2 73 Diagram 4. 8Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-3 74 Diagram 4. 9Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-4 75 Diagram 4. 10Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-5 76 Diagram 4. 11Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-6 77 Diagram 4. 12Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-7 78 Diagram 4. 13Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-8 79 Diagram 4. 14Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-9 80 Diagram 4. 15Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-10 81 Diagram 4. 16Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-11 82 Diagram 4. 17Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-12 83 Diagram 4. 18Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-13 84 Diagram 4. 19Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-14 85 Diagram 4. 20Persentase Jawaban Responden Untuk Item X-15 86 Diagram 4. 21Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-1 87 Diagram 4. 22Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-2 88 Diagram 4. 23Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-3 89 Diagram 4. 24Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-4 90 Diagram 4. 25Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-5 91 Diagram 4. 26Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-6 92 Diagram 4. 27Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-7 93 Diagram 4. 28Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-8 94 Diagram 4. 29 Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-9 95 Diagram 4. 30Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-10 96 Diagram 4. 31Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-11 97 Diagram 4. 32Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-12 98 Diagram 4. 33Persentase Jawaban Responden Untuk Item Y-13 99 Diagram 4. 34Regression Standardized Residual 116 Diagram 4. 35Plot Regresi Residual 121 Diagram 4. 36Penyebaran Data 122   ABSTRAK Andri Saputra. NIM.6662160079. Skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Ferry Eksekutif PT. ASDP Terhadap Keputusan Pembelian Tiket di Pelabuhan Terpadu Merak. Pembimbing I : Dr. Naniek Afrilla Framanik, M.Si. dan Pembimbing II : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si. Sejak dibuka pertama kali pada akhir tahun 2018, Pelabuhan Eksekutif menjadi harapan baru bagi kemajuan sistem transportasi angkutan perairan di Indonesia. Dengan adanya pelabuhan terpadu untuk layanan ferry eksekutif, membuat masyarakat antusias dan ingin merasakan fasilitas dan pelayanan yang disediakan. Hingga pada akhirnya, penumpang mulai mencoba menganalisa dan membandingkan pelayanan yang ada di reguler dengan eksekutif, terdapat beberapa masalah mulai dari jadwal pelayaran dan jumlah unit kapal yang sedikit, hingga fasilitas umum tiap-tiap kapal yang beroperasi pun berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan ferry eksekutif PT. ASDP terhadap keputusan pembelian tiket di pelabuhan terpadu Merak. Teori kualitas pelayanan digunakan untuk menjadi pedoman dalam penelitian ini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan menyebar kuesioner kepada 200 responden pada penumpang kapal eksekutif di pelabuhan terpadu Merak. Berdasarkan analisis korelasi, antara variabel kualitas pelayanan dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sedang. Setelah dilakukan uji regresi dihasilkan persamaan Y = 25,833 + 0,313X dengan hasil uji T mempunyai nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 9,321 > 1,65255 dan hasil uji F mempunyai fhitung lebih besar dari ftabel yaitu 86,884 > 3,89 dengan hasil koefisien determinasi 30,5% yang menandakan bahwa keputusan pembelian tiket dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sementara sisanya sebesar 69,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada variabel kualitas pelayanan, indikator tangibles (bukti fisik) lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian dibandingkan dengan empat indikator lainnya. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Ferry Eksekutif. ABSTRACT Andri Saputra. NIM.6662160079. Influence of Executive Ferry Service Quality PT. ASDP Of Ticket Purchase Decision at Merak Integrated Port. Adviser I : Dr. Naniek Afrilla Framanik, M.Si. and Adviser II : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si. Since it first opened at the end of 2018, The Executive Port has become a new hope for the advancement of the water transport system in Indonesia. With the integrated port for executive ferry services, make the community enthusiastic and want to feel the facilities and services provided. Until, passengers began to try to analyze and compare the services in the regular with the executive one, there were several problems such as from the ferry schedule and the small number of ferry units, then public facilities of each ferry that operated differently. The purpose of this thesis was to measure how much influence of executive ferry service quality of PT. ASDP ofticket purchase decision at the integrated port of Merak. The service quality theory used to be a guideline in this study. The approach in this study is using quantitatively correlational. The method used is the survey method, by spreading questionnaires to 200 respondents on the passengers of executive ferry at the integrated port of Merak. Based on correlation analysis, between service quality variables and purchasing decisions has a moderate relationship. After the regression test resulted in the equation Y = 25.833 + 0.313X with the result of T test has a tcount value greater than the ttable which is 9.321 > 1.65255 and the F test result has a greater calculation than the ftable which is 86,884 > 3.89 with coefficient of determination 30.5% which indicates that the ticket purchase decision is influenced by the service quality, while the remaining 69.5% is influenced by other factors outside the research. The research concluded that on service quality variables, tangible indicator were more dominant in influencing purchasing decisions compared to the other four indicators. Keywords: Service Quality, Purchasing Decisions, Executive Ferry.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:22
Last Modified: 19 Jul 2024 15:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item