Nulhakim, lukman (2017) PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR. JPSD, 3 (2). pp. 215-227. ISSN 2540-9093
Text
17. JURNAL pPERBEDAAN BERPIKIR KRITIS335.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only design with nonequivalent group. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ciherang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Pada penelitian ini kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis satu pihak kanan diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir krtis siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | lukman lukman nulhakim |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 11:23 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 11:23 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9409 |
Actions (login required)
View Item |