nulhakim, lukman (2020) https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/34-40/5038. Jurnal Bio Educatio, 5 (1). pp. 30-40. ISSN 2541-2280
Text
9. JURNAL LISKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Persentase nilai rata-rata pre-test sebesar 61,5% dan post-test kelas eksperimen sebesar 79,8% berada dalam kategori baik, sedangkan persentase nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 51,6% dan post-test sebesar 67,7% berada dalam kategori cukup. Hasil uji hipotesis pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α=0,05 diperoleh nilai 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | lukman lukman nulhakim |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 14:00 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 14:00 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9400 |
Actions (login required)
View Item |