Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMPETENSI TUTOR DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AL-CHODIJAH KOTA SERANG

Aprilia Saputri, Sazha (2015) KOMPETENSI TUTOR DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AL-CHODIJAH KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
KOMPETENSI TUTOR DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AL-CHODIJAH KOTA SERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi tutor PKBM Al Chodijah Kota Serang dalam melaksanakan program kesetaraan. Hasil belajar warga belajar program kesetaraan di PKBM Al Chodijah Kota Serang. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan prgram kesetaraan di PKBM Al Chodijah Kota Serang. Ini berlokasi di program kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al Chodijah Kota Serang. Populasi penelitian ini adalah 1 pengelola 9 tutor dan 6 warga belajar di PKBM Al Chodijah Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat beberapa kesimpulan antara lain: 1) Kompetensi tutor dalam melaksanakan program kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Chodijah Kota Serang, Kompetensi yang harus dimiliki oleh tutor dalam melaksanakan program kesetaraan di PKBM Al Chodijah Kota Serang sudah memenuhi dari 5 (lima) karakteristik kompetensi antara lain: motif menjadi tutor, sikap tutor dalam menjalankan tugas, pengetahuan sebagai tutor, konsep diri tutor dan keterampilan sebagai tutor sudah dikuasai oleh tutor program kesetaraan di PKBM Al Chodijah. 2) Hasil belajar warga belajar dalam melaksanakan program kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Chodijah Kota Serang, Hasil belajar warga belajar program kesetaraan di PKBM Al Chodijah Kota Serang dapat dilihat dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Ilmu pengetahuan dapat dilihat dari wawasan warga belajar, nilai yang mampu melampau batas minimal, mampu mengerjakan tugas soal dan berani mempraktekkan dari penjelasan-penjelasan teori yang sudah diberikan. Aspek sikap sudah cukup sopan dan santun bagi warga belajar. Sikap tutor dalam mengajar dari penyampaian yang jelas, ramah, dan humoris. Namun beberapa persepsi warga belajar dengan sikap tutor yang masih banyak kurang jelas sehingga mereka mengasumsikan itu tutor kurang peduli. Aspek keterampilan warga belajar memiliki keahlian khusus seperti membuat bros dan bandana. Dimana disaat mereka sudah lulus nanti mampu membuka peluang usaha sendiri disaat mereka tidak bekerja di suatu perusahaan. 3) Faktor pendukung : Sarana dan prasarana di PKBM Al Chodijah ini sudah cukup memadai seperti sudah memilki ruang belajar masing-masing kelas, perpustakaan, ruang keterampilan, dan perangkat pembelajaran. Untuk iuran perbulan warga belajar sanggup membayarnya.Penghambat : Mayoritas warga belajar bekerja dan gaya tutor mengajar yang kurang tegas dan sebagian tutor kurang disiplin kehadirannya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyadeli Hanafi, M195608201985031002
Thesis advisorNaim, Mochamad196506062002121001
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Dec 2021 14:45
Last Modified: 03 Dec 2021 14:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item