Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XII DI SMKN1 PANDEGLANG

SURULI, LILI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XII DI SMKN1 PANDEGLANG. Master thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran ips pada siswa kelas XII di SNKN 1 Pandeglang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRACT Lili Suruli. 2321120103. Effect of Jigsaw Model and Student Learning Type to Student Achievement in IPS at Class XII, SMK 1 Pandeglang. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Under guidance Chussaery Rusdi Syarif and Helmi Yazid. The back ground of research is its’ a fact that strudent achievements in IPS are still rare, This situation is henced by the low student motivation in studying IPS. These facts influence the low student achievement in mastering the IPS concepts. This situation motivates to take a research how the jigsaw model and student learning type can effect to student achievement in IPS, either separately or co llectively (together).This research is carried out in SMK 1 Pandeglang, class XI IAcountant, academic year 201 3/2014, in qua ntitative approach, with eksperiment design.Thedata collection is using multiple choice test and questionnaire. Those are analyzed withregretion.The results of research inform that three alternative hypoteses can be accepted. The Impact of jigsaw model and student learning type to student achievement in IPS is very significant. The conclutions based on this research are three things, that there are positive impacts : (1) jigsaw model to st udent achievement in IPS ; (2) student learningtype in IPS, (3) and the impact of both variables collectively to Student Achievement in IPS.Based on this research are five things can be recommended, as follows: (1) the teacher should take a evaluation/test (2) the teacher should be not boring to motivate all student, all time to learn IPS, (3) teacher should take a design or theaching model that are comfort with student learning type(4) the school management have to enhance the result of learning teaching procces ; (5) and the last, the advanced research ural sciences), or or the humanities. should be done , especially in the same subject (social sciences) or nat Keyword: jigsaw model, student learning type, student achievement

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdi Syarif, Chussaery195212122003121001
Thesis advisorYazid, Helmi197012182002121001
Additional Information: ABSTRAK Lili Suruli. 2321120103 . Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas XII di SMKN 1 Pandeglang. Tesis.Program Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Di bawah bimbingan Chussaery Rusdi Syarif dan HelmiYazid. Penelitian dilatar belakangi sikap tidak positif terhadap mata pelajaran IPS. Hal ini , diantaranya karena guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran yang variatif yang menumbuhkan motivasi, kegembiraan dan kemandirian dalam belajar. Di samping itu, guru belum memperhitungkan gaya belajar siswa. Kenyataan ini berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar . Hal di atas mendorong peneliti untuk mengungkapkan bagaimana hasil belajar IPS dapat dipengaruhi dengan model jigsaw dan gaya belajar, baik secara terpisah maupun bersamasama. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Pandeglang, kelasXII Akuntansi, Tahun Pelajaran 201 3/2014, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan eksperimen. Data diperoleh dengan tes pilihan ganda dan angket yang dianalisis berdasarkan regresi. Hasilnya dapat dikatakan pengujian galat taksiran regresi Y atas X maksimumsebesar 0,090 sedangkanL sebesar 20,631 sedangkan X 2 hitung hitung tabel < X < X 1 menghasilkan harga L padatarafnyata alpha 0,05 diperolehnilaisebesar 0,125. TernyataL hitung 2 tabel 2 tabel atau 25,651 < 26,296. atau 20,631 < 24,996. Dari semua itu dapat ditarik simpulan sebagai berikut:1) Model Pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa; 2) gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa; 3) t erdapat pengaruh positif sekaligus antara Metode Pembelajaran Jigsaw dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan simpulan di atas dapat disarankan: 1) guru harus menilai hasil belajar siswa dan memberi support atas hasil belajarnya; 2) guru perlu meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan siswa; 3) g uru diharapkan mampu merancang model pembelajaran jigsaw yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa; 4) para pengambil keputusan mendorong terciptanya iklim yang peningkatan proses dan hasil belajar; 5) p erlu dilalukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan atau menggugurkan hasil penelitian ini. Kata Kunci :model jigsaw, gaya belajar, dan hasil belajar
Uncontrolled Keywords: model jigsaw, gaya belajar, dan hasil belajar jigsaw model, student learning type, student achievement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Dec 2021 15:00
Last Modified: 02 Dec 2021 15:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item View Item