Iman Priatna, Rhiana (2014) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 KOTA SERANG. Master thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.
Text
Pengaruh Metode Demonstrasi dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII smp negeri 24 kota serang.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRACT Rhiana Iman Priatna. 2321120085. The Influence of Demonstrations Method and Pupils Creativity to The Result of Physics Instructional at Seventh Class Pupils of Junior High School 24th Serang City, Instructional Technology Program, Postgraduate at University of Sultan Ageng Tirtayasa 2014. The research aims to determine the influence of demonstrations method and Pupils creativity against the results of Instructional physics at Seventh Class Pupils of Junior High School 24th Serang City Academic Year 2013-2014. The population in this study were all seventh grade Pupils Junior High School 24th Serang City of a total 127 Pupils. The sample in this study is done by simple random sampling. In this study took four existing classes to be classes where one class of experimental treatments and one control class with each class consisting of 20 Pupils. Each treatment consisted of grade 10 Pupils who have high creativity and 10 Pupils who have low creativity. This research was conducted in class VII Serang City Junior High School 24th is located at Sewor Street, Banjarsari Village, Cipocok Jaya subdistrict, Serang City, Banten Province, Postal Code 42123. The design of this study is to use the two-way model of experimental design (Two-Way Classification). In this thesis the validity and reliability of the instrument, and then use the test for normality and homogeneity as well as test-two-ways ANOVA to test the hypothesis. The results of the study explained that the value of F is greater than F 12.39 4.11 which means H is rejected. In the second hypothesis there is a value of F count 0 > F or 204.90 > 4.11 then H is rejected, there is a third hypothesis of F count = 116.279 > F table 0 = 4.10 then H is rejected, the fourth hypothesis t count 2.139 > 2.101 t table 0 and significant value 0.000 <0.05, then H is rejected, and the fifth hypothesis t count 0.990 < t 2.101 and significant value 0.000 <0.05, then H 0 table is accepted. The conclusion of this thesis is that there is influence between the use of Instructional methods with creativity on Instructional outcomes of physics. Keywords: Demonstrations Method, Pupils Creativity and Instructional Result.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Rhiana Iman Priatna. 2321120085. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Kota Serang, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 24 Kota Serang Tahun Pelajaran 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Serang yang seluruhnya berjumlah 127 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini mengambil 4 kelas yang ada untuk dijadikan kelas perlakuan dimana 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 orang siswa. Setiap kelas perlakuan terdiri atas 10 siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dan 10 siswa yang mempunyai kreativitas rendah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 24 Kota Serang yang beralamat di Jalan Sewor, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Provinsi Banten, Kode Pos 42123. Rancangan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model rancangan percobaan dua arah (Two-Way Classification). Pada tesis ini dilakukan validitas dan reliabilitas instrumen, lalu menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta uji two-ways-anova pada uji hipotesis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai F 12,39 lebih besar dari F tabel 4,11 yang artinya H 0 hitung ditolak. Pada hipotesis kedua terdapat nilai F hitung >F tabel atau 204,90 > 4,11 maka H ditolak, pada hipotesis ketiga terdapat F hitung = 116,279 > F tabel 0 = 4,10 maka H ditolak, hipotesis keempat nilai t hitung sebesar 2,139 > t tabel 0 2,101 dan nilai signifikan 0,000< 0,05; maka H 0 ditolak, dan hipotesis kelima nilai t hitung sebesar 0,990 < t 2,101 dan nilai signifikan 0,000< 0,05; maka H diterima. Kesimpulan tesis ini adalah terdapat pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kreativitas Siswa dan Hasil Belajar. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Demonstrations Method, Pupils Creativity and Instructional Result. Metode Demonstrasi, Kreativitas Siswa dan Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2021 14:44 | |||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2021 14:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9369 |
Actions (login required)
View Item |