Aditya, Mochammad (2013) PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI AXA MANDIRI SEBAGAI BENTUK TANGGUNGJAWAB PENANGGUNG TERHADAP PRODUK ASURANSI UNIT LINK DI PT. AXA MANDIRI (Studi Analisis Berdasarkan UU No.2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian). Master thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.
Text
Pembayaran klaim asuransi AXA mandiri sebagai bentuk tanggung jawab penanggung terhadap produk asuransi unit link di PT AXA Mandiri.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT Mochammad Aditya. REALIZATION OF RESPONSIBILITY BY THE INSURANCE AGENCY TOWARD THE UNIT LINK INSURANCE CLAIM PROPOSAL OF INSURED PARTY IN PT AXA MANDIRI, Post Graduate, Sultan Ageng Tirtayasa University. 2013 The development of insurance bussines in Indonesia is growing in accordance to the need of the society for time to time, with the life insurance program worked out not only by the government but also by the private company, in this case is PT AXA MANDIRI it promoted the growth of economy in Indonesia and broadens up the important of the role of insurance in the life in Indonesian. This research is aimed at studying the Realization of responsibility by the insurance agency toward the health insurance claim proposal of insured party in PT AXA MANDIRI and also to find out the problem and the efforts made in handling the proposed claim. Method approach is used that is a juridical empirical research that emphasizes the fact the fact that obtaining the results of research that is based on the scientific method and also on the legal theories and laws that exist. According to the discussion of the collected data there are some problem in the realization of health insurance claim by the insured party, first problem is that there is be honesty in filling out the blank form of the life insurance proposal it is not fill out based on the real condition of the insured part B. Second problem is the difficulties found in the bureaucracy of the hospital in releasing the document of the claim of the efforts, to save the problem PT AXA MANDIRI always emphasize to the marketing division represented by the Financial Advisor in every Bank Mandiri Branch to guide the insured candidate in filling out the life insurance blank form to ensure that they fill it out with the valid data, the effortes in solving the bureaucratic problem in the hospital the claim division always make reguler contact with the hospital in case they do not release the document. Keyword : Implementation of the claims, Unit Link insurance claims
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Mochammad Aditya. STUDI ANALISIS PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI AXA MANDIRI SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG TERHADAP PRODUK ASURANSI UNIT LINK DI PT. AXA MANDIRI (Berdasarkan UU No.2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian), Ilmu Hukum, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2013 Perkembangan asuransi di Indonesia berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari tahun ke tahun, dengan adanya program perlindungan kesehatan selain dilakukan oleh Pemerintah juga dilakukan oleh para pihak swasta dalam hal ini adalah PT AXA MANDIRI, hal ini mendorong tumbuhnya perekonomian di Indonesia dan memperluas pentingnya peran asuransi dalam aspek aspek kehidupan di masyarakat Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Penanggung Terhadap Pengajuan Klaim Asuransi Unit Link Oleh Tertanggung di PT AXA MANDIRI, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menangani klaim yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan penelitian hukum normatif dan empiris, yaitu penelitian hukum yang diambil dari fakta-fakta yang ada di dalam suatu masyarakat, badan hukum atau badan pemerintah. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ditemukan adanya hambatan dalam pelaksanaan klaim kesehatan oleh Penanggung dalam hal ini adalah PT AXA MANDIRI yaitu adanya ketidak jujuran oleh calon Tertanggung dalam pengisian Surat Pengajuan Asuransi Jiwa yang diisi tidak sesuai dengan data keadaan yang sebenarnya dan birokrasi dari Rumah Sakit mengeluarkan berkas dokumen klaim berdampak pada lamanya klaim yang diajukan. Untuk mengatasi hambatan tersebut maka PT. AXA MANDIRI selalu menekankan kepada Financial Advisor agar memandu calon tertanggung dalam mengisi Surat Pengajuan Asuransi Jiwa agar diisi sesuai dengan keadaan dan data kesehatan yang sebenarnya. Dan keterlibatan aktif Bank Mandiri sebagai mediator amat diperlukan untuk ikut membantu perusahaan asuransi dalam penyelesaian klaim. Tujuannya sama-sama pelayanan yang baik kepada nasabah bank sekaligus sebagai tertanggung perusahaan asuransi. Kata Kunci: Pelaksanaan Klaim, Klaim Asuransi Unit Link | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Klaim, Klaim Asuransi Unit Link Implementation of the claims, Unit Link insurance claims | |||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > 74101-Magister Ilmu Hukum |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2021 14:05 | |||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2021 14:05 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9361 |
Actions (login required)
View Item |