Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN AUDIO VISUAL VCD PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

Sirait, Herlina (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN AUDIO VISUAL VCD PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PANDEGLANG. Master thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
Meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui model pembelajaran kontekstual dengan audiovisual vcd pada siswa kelas x sma negeri 2 pandeglang.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT HERLINA SIRAIT, 2322120161. Teaching Model Contextual on Audio Visual SMAN 2 Pandeglang, Pandeglang Regency 2012/2013. The condition of poor capability in writing and considering that writing activity is a hard task among students are background of this research. It could be happen because writing activity need much energy, time and concentration so the students are reluctant in dealing with this activity. The other factor is mischoosing model of teaching by the teacher. Based on description above, this research has two aims, i.e. to know what is the planning of this teaching model contextual on audio visual VCD and to know how the improvement of student’s capability in writing by using this model of teaching. By this research, the writer expects that it can give beneficial both theoretically and practically to the teachers and students and all who concern to this material. The method of this research is qualitative where the collecting data through by a series of tests, interviews, observation, questionnaire and treatment model. The respondent/subject of this research is the student of SMAN 2 Pandeglang who are in tent grade level. This research is held in three steps. The first is pre-action, the second is the treatment to audio visual VCD cycles model I, and the last one is the treatment of audio visual cycles model II. The result showed that is an increase of ability in writing short story using audio visual VCD from pre-action to writing cycles model II, the result is 13,15%. The result of this research also showed that teaching model contextual on audio visual VCD made the activity of studying as an interesting activity. Teaching model contextual audio visual VCD should be considered to be applied in teaching-learning process for Indonesian language or for any other subject material which is given in high school level. Keywords: Writing Short Story, contextual Approach, Audio Visual VCD.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdi Syarif, Chussaery195212122003121001
Thesis advisorSyafrizal, Syafrizal197601302001121001
Additional Information: ABSTRAK HERLINA SIRAIT, 2322120161. Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Model Pembelajaran Kontekstual dengan Audio Visual VCD pada SMA Negeri 2 Pandeglang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa masih rendah, dan menulis dianggap sebagai tuga yang berat. Anggapan tersebut karena kegiatan menulis memerlukan banyak tenaga, waktu, dan perhatian yang sungguh-sungguh. Banyak factor yang menyebabkan hal ini, antara lain kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang ditetapkan guru. Berdasarkan alasan di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kontekstual dengan audio visual VCD, dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan model pembelajaran kontekstual dengan audio visual VCD dalam menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, observasi, angket, dan perlakuan model. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Pandeglang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap I yaitu pratindakan, tahap II perlakuan model audio visual VCD siklus I, dan tahap III perlakuan model audio visual VCd siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita pendek dengan model pembelajaran kontekstual dengan audio visual VCD dari hasil pratindakan sampai dengan hasil tes menulis siklus II sebesar 11,62%. Hasil tes menulis pratindakan nilai rata-rata hanya mencapai 55,73.dengan ketuntasan belajar 11,13%. Hasil tes menulis pada siklus II nilai rata-rata sebesar 67,35.dengan ketuntasan belajar 40,42. Hasil tes menulis pada tahap terakhir nilai rata-rata mencapai 80,50 dengan ketuntasan belajar 13,15%. Jadi, penggunaan pembelajaran kontekstuak dengan audio visual VCD dalam menulis cerita pendek dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil peneltian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan audio visual VCD menjadikan kegiatann pembelajaran sebagai kegiatan yang menyenangkan. Model pembelajaran kontekstual dengan audio visual VCD sebaiknya dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran, baik pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran yang lain.
Uncontrolled Keywords: Menulis Cerita Pendek,Pendekatan Kontekstual,Audio Visual. Writing Short Story, contextual Approach, Audio Visual VCD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Dec 2021 14:01
Last Modified: 02 Dec 2021 14:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item View Item