MOHAMMAD SHOLEH, TUBAGUS (2017) UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBUAT SINOPSIS NOVEL REMAJA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SISWA KELAS XI SMAIT BINA INSANI WARINGINKURUNG KABUPATEN SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Tesis)
UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBUAT SINOPSIS NOVEL REMAJA INDONESIA MELALUI PENGGU.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
This study is a Classroom Action Research that examines the effort to improve the ability of making Indonesian novel teenager in grade XI SMAIT Bina Insani using project-based learning method (PBP). The subjects of the study were class XI students of academic year 2016/2017. This study aims to describe the improvement of the ability to write a novel synopsis. This study was conducted in two cycles. Each cycle consists of four main components, namely planning, action, observation, and reflection. Before the cycle begins there is a stage called pre-cycle to know the initial condition of students and teachers. Data collection in the form of tests and non tests used for the purposes of research data. Data analysis using quantitative data analysis. Data were calculated using descriptive statistics and parametric statistics ie finding the mean, t test one sample, and paired sample t test. The research data explains that the use of PBP method can increase reading interest and the ability to write a synopsis in class XI students SMAIT Bina Insani academic year 2016/2017. This is evidenced by the increasing value of students in each cycle. Preliminary mastery on the activity of pre cycle 22.8%, then increased to 50% in first cycle. The sharp increase occurred in cycle two reached 86.41%. The last cycle is cycle two in accordance with the expectations and desires of researchers. keyword: reading interest, synopsis, and project based learning method.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengkaji upaya meningkatkan kemampuan membuat novel remaja Indonesia pada siswa kelas XI SMAIT Bina Insani menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (PBP). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis sinopsis novel. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum siklus tersebut dimulai ada tahapan disebut prasiklus untuk mengetahui kondisi awal siswa dan guru. Pengumpulan data berupa tes dan nontes yang digunakan untuk keperluan data penelitian. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Data dihitung menggunakan statistik deskriptif dan statistik parametrik yaitu mencari mean, uji t satu sampel, dan uji t sampel berpasangan. Data penelitian menjelaskan bahwa penggunaan metode PBP dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan menulis sinopsis pada peserta didik kelas XI SMAIT Bina Insani tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya nilai siswa di setiap siklusnya. Ketuntasan awal pada kegiatan prasiklus 22,8%, lalu meningkat menjadi 50% pada siklus satu. Peningkatan tajam terjadi di siklus dua mencapai 86,41%. Siklus terakhir yaitu siklus dua sesuai dengan harapan dan keinginan peneliti. Kata Kunci: minat baca, sinopsis, dan metode pembelajaran berbasis proyek. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2021 11:49 | |||||||||
Last Modified: | 01 Dec 2021 11:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9339 |
Actions (login required)
View Item |