Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

KHODIJAH, KHODIJAH (2018) PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak dari 3 anak yang peneliti teliti yaitu ER, AR, dan PU peneliti melihat peran orang tua masing-masing dari anak bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak, di lihat dari sejauh mana perkembangan kecerdasan spiritual anak yang peneliti lihat dari dimensi kecerdasan spiritual anak seperti anak bersikap baik, anak senang menolong orang lain yang seharusnya orang tua ajarkan dan biasakan pada anak. peran orang tua yang kurang sesuai dengan langkah-langkah peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan spiritual seperti membiasakan berpikir positif, memberikan sesuatu yang terbaik pada anak. yang seharusnya orang tua berikan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kecerdasan spiritual anak yang berusia 5-6 tahun; 2) mengetahui langkah-langkah orang tua yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan spiritual anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk metode, peneliti menggunakan studi kasus karena penelitian ini menggambarkan kondisi aktual dari suatu keadaan atau kondisi. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan selanjutnya dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) seperti peran orang ER yang kurang mengawasi perkembangan kecerdasan spiritual ER karena orang tua ER bekerja 2) AR peran orang tua AR yang terlalu memanjakan AR dan membiasakan menuruti semua kemaun AR sehingga AR sulit jika di beri arahan atau perintah dari orang tua nya dan juga AR selalu ingin segala keinginan nya di berikan oleh orang tua tanpa memikirkan orang lain 3) PU peran orang tua PU dalam mengembangkan kecerdasan spiritual masih kurang orang tua PU kurang meberikan arahan pada hal positif orang tua sering kali bersikap keras pada PU.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFadullah, FadullahUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: The role of parents in developing spiritual intelligence children from 3 children which researchers carefully ER, AR, and researchers viewed the role of the parents of each child how the role of parents in developing spiritual intelligence of the child, in view of the the extent to which the development of the child's spiritual intelligence researchers view of the dimensions of spiritual intelligence of the child such as the child being good, children love to help others that should make it a habit to teach parents and children. the role of older people who are less in accordance with the steps the role of parents in developing spiritual intelligence such as getting used to think positive, give something of the best in children. that should give parents on children. This research aims to: 1) know the spiritual intelligence children aged 5-6 years; 2) know the steps parents who influenced the development of spiritual intelligence. The approach used in this research is to use a qualitative approach. As for the method, researchers use case studies because this research describe the actual condition of a State or condition. Data collection techniques obtained through observation, interview and documentation. After the data has been obtained further analyzed with data reduction steps, the presentation of data, and conclusions. Of research results obtained conclusions that: 1) as the role of the person overseeing the development of the less-ER spiritual intelligence ER ER because their parents work two parent roles) AR AR AR who over-indulge and get used to obeying all desire AR so AR difficult if give referrals or orders of his parents and also AR always wanted all his wishes granted by parents without thinking of others 3) PU PU parents role in developing spiritual intelligence is still lacking parents less PU landing on paint positive things parents often being hard on PU.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:19
Last Modified: 30 Nov 2021 16:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item