Kharisma Nur’alam, Adam (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kualitatif Deskriptif Analisis pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah atas dasar permasalahan yang terjadi pada peran guru dan keaktifan siswa, dimana dalam hal ini masih ditemukannya siswa yang tidak fokus, siswa yang pasif dan siswa yang kurang bahkan tidak paham terhadap materi. Sehingga dapat peneliti rumuskan permasalahan menjadi : (1) Bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn? (2) Cara-cara apa yang digunakan guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn dikelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Serang, Kecamatan Walantaka, Kabupaten Serang, Banten pada bulan November sampai Januari 2018. Narasumber dalam penelitian ini adalah 3 guru SMP Negeri 8 Kota Serang dan 5 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif analisis, dimana teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif analisis diperoleh hasil dalam penelitian ini bahwa peran guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn SMP Negeri 8 Kota Serang, yaitu berperan sebagai pengajar yang bertindak selaku fasilitator dan mediator. Cara guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn adalah menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui kegiatan diskusi, wujud keaktifan siswa pada pelaksanaan model pembelajaran discovery learning meliputi keaktifan siswa dalam bentuk kegiatan diskusi dan tanya jawab
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The background of this research on the basis of problems that occur in the role of teachers and student activity, where in this case there are still students who are not focused, students who are passive and students who don’tt even understand the material. So that researchers can formulate the problem to be: (1) What is the role of PPKn teachers in increasing the activeness of students in PPKn learning? (2) What methods are used by PPKn teachers to improve student activity in learning PPKn ?. The purpose of this study was to determine the role of PPKn teachers in increasing the activity of students in PPKn learning in class VII. The research was conducted at SMP Negeri 8 Serang City, Walantaka Subdistrict, Serang District, Banten in November to January 2018. The speakers in this study were 3 teachers SMP Negeri 8 Serang City and 5 VII grade students at SMP Negeri 8 Serang City. The research approach used in this study is a qualitative approach. While the analysis technique used in this research is qualitative descriptive analysis, where this technique is used to describe a phenomenon that occurs in the field. Data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation. The conclusions obtained from the results of this study are based on the results of analysis using qualitative descriptive analysis. The results of this study show that the role of PPKn teachers in increasing student activity in the learning of PPKn SMP Negeri 8 Serang City is to act as instructors acting as facilitators and mediators. The way the teacher increases students' activeness in PPKn learning is to use the discovery learning model through discussion activities, a manifestation of student activeness in the implementation of discovery learning learning models including student activity in the form of discussion and question and answer activities. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 16:09 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 16:09 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9315 |
Actions (login required)
View Item |