Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 KOTA SERANG (Studi Deskriptif pada siswa di SMP Negeri 17 Kota Serang)

Sopiyati, Dika (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 KOTA SERANG (Studi Deskriptif pada siswa di SMP Negeri 17 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 17 Kota Serang, dengan melihat kendala guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan solusi dalam mengatasi kurangnya siswa dalam mengembangkan kecerdasan moral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data yaitu dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: (1) peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMPN 17 Kota Serang dilakukan dengan cara menularkan pengetahuan dengan menggunakan berbagai teknik dan metode. Dalam menjalin komunikasi pembelajaran, guru menggunakan strategi tatap muka dan selalu menanyakan materi yang tidak dipahami kepada siswa. Selain itu, guru juga selalu mempelajari karakteristik siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan moral kepada siswa diataranya adalah sulitnya menghadapi sikap apatis siswa yang tidak peduli terhadap sesama. Selain itu dalam meningkatkan rasa hormat siswa, guru terkendala oleh sulitnya membentuk karakter bawaan siswa. (3) Solusi untuk mengatasi kurangnya siswa dalam mengembangkan kecerdasan moral diantaranya adalah dengan menanamkan kepedulian kepada diri siswa. memberikan bimbingan secara intensif, serta memberikan pengaruh-pengaruh positif kepada siswa. Memberikan tauladan yang baik dan pembiasaan yang baik. Serta berlaku adil dan tidak membeda-bedakan status sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorHardika Legiani, WikaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to describe the role of the teacher of citizenship education in developing students moral intelligence in learning citizenship education in the public junior high school 17 serang city, by looking at the constraints of civic education teachers in developing students 'moral intelligence and understanding in overcoming students' lack of developing moral intelligence. The method used in this study is descriptive qualitative, which describes the phenomena that exist. Data collection is done by interview, observation, and documentation techniques. The technique used in data analysis is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Triangulation used to explain the validity of the data is by using a source. The results of this study reveal several important things: (1) the role of the teacher of citizenship education in developing students' moral intelligence in Serang City Junior High School 17 is carried out by transmitting knowledge using various techniques and methods. In establishing learning communication, the teacher uses face-to-face strategies and always asks material that is not understood by students. In addition, the teacher also always learns the characteristics of students in understanding the material conveyed by the teacher. (2) The constraints faced by teachers in developing moral intelligence for students are the difficulty in facing the apathy of students who do not care about others. In addition to increasing students 'respect, teachers are constrained by the difficulty of forming students' innate characters. (3) The solution to overcome the lack of students in developing moral intelligence is to instill care for students. provide intensive guidance, and provide positive influences on students. Give good examples and good habits. As well as being fair and not discriminating between students' social status.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:06
Last Modified: 30 Nov 2021 16:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9314

Actions (login required)

View Item View Item