Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di RA/TKIT Bina Insan Kragilan)

SULISTYONINGSIH, FEBRIANTI (2019) PERAN GURU DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di RA/TKIT Bina Insan Kragilan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN GURU DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR USIA 5-6 TAHUN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peran seorang guru dalam menunjang kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang berhubungan dengan otak atau pikiran. Dalam menunjang kemampuan kognitif, perlu adanya media penunjang pembelajaran. Salah satu media penunjang pembelajaran yaitu menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak, untuk mengetahui peran guru dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui proses penerapan media gambar dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan tempat penelitian ini yaitu di RA/TKIT Bina Insan Kragilan dengan subjek penelitian sebanyak 16 anak dan 2 orang guru. Dari hasil penelitian menyatakan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan, kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik, hal ini terbukti dari hasil peneliti di lapangan bahwa anak mampu menyelesaikan kegiatan dengan baik. Lalu peran guru dalam menunjang kemampuan kognitif melalui media gambar anak usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan sudah sesuai perannya. Hal ini terlihat dengan peran guru sebagai pendidik, motivator, pembimbing, dan fasilitator. Proses penerapan media gambar dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan juga sudah di terapkan dengan baik di sekolah tersebut, dengan penggunaan media gambar pada anak dapat lebih mudah untuk di mengerti pembelajarannya, karena melalui media gambar secara tidak langsung anak dapat melihat objek secara nyata sehingga memudahkan anak dalam belajar dan dapat belajar dengan baik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorTricahyani, TricahyaniUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the importance of the role of a teacher in supporting children's cognitive abilities. Cognitive abilities are abilities related to the brain or mind. In supporting cognitive abilities, learning support is needed. One of the supporting learning media is using picture media. This study aims to determine the cognitive abilities of children, to determine the role of teachers in supporting children's cognitive abilities through media images age 5-6 years and to know the process of applying media images in supporting children's cognitive abilities through media images age 5-6 years in RA / TKIT Bina Insan Kragilan. This research uses qualitative methods, and the place of this research is RA / TKIT Bina Insan Kragilan with research subjects as many as 16 children and 2 teachers. From the results of the study stated the cognitive abilities of children aged 5-6 years in RA / TKIT Bina Insan Kragilan, cognitive abilities of children developing very well, this is evident from the results of researchers in the field that children are able to complete activities well. Then the role of the teacher in supporting cognitive abilities through media images of children aged 5-6 years in RA / TKIT Bina Insan Kragilan is appropriate role. This can be seen by the role of the teacher as an educator, motivator, supervisor, and facilitator. The process of applying image media to support children's cognitive abilities through media images age 5-6 years in RA / TKIT Bina Insan Kragilan has also been implemented well in the school, with the use of image media on children can be easier to understand their learning, because through media images indirectly children can see objects in real so as to facilitate children in learning and can learn well.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:02
Last Modified: 30 Nov 2021 16:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9313

Actions (login required)

View Item View Item