Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Nusantara Serang Banten)

CITRA AMANDA, PINKA (2019) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Nusantara Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian pada anak harus di stimulasi semenjak dini karena anak yang mandiri tidak dapat mempengaruhi perkembangan yang lainnya, begitupun kemandirian anak tidak dapat langsung mandiri dengan begitu saja tanpa adanya peran guru yang membantu kemandirian pada diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Islam Nusantara Kota Serang Banten. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A dengan jumlah sebanyak 11 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemandirian anak usia 4-5 tahun pada kelompok A sudah baik. Hal ini terlihat ketika anak sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tanpa orang tua, anak mampu saling berbagi, anak mampu berinteraksi dengan teman, anak melakukan sesuatu dengan inisiatif sendiri, anak mampu memecahkan masalah, anak mampu bersabar dalam mengantri, anak mampu mencuci tangan dengan sendiri, anak mampu membuka botol minum dan tempat makan dengan sendiri, anak mampu makan dan minum dengan sendiri, anak mampu menggunakan sepatu perekat, anak mampu menyelesaikan tugas dari guru, anak berani mengatakan yang di inginkannya, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya, anak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Begitupun untuk peran guru dalam mengoptimalkan kemandirian anak, guru yang memiliki peran sebagai motivator, pembimbing, dan inspirator dimana peran guru tersebut sangat membantu anak untuk menerapkan kemandirian dalam kehidupannya sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, CucuUNSPECIFIED
Thesis advisorEndah Yuniarti, TricahyaniUNSPECIFIED
Additional Information: independence in children must be stimulated early because independent children cannot influence other developments, as well as the independence of children cannot be independently independent without the role of the teacher who helps independence in children. This study aims to determine the role of teachers in optimizing the independence 4-5 years old children at TK Islam Nusantara kota Serang, Banten. This research method uses qualitative methods carried out on 4-5 years old children in group A with a total of 11 children consisting of 7 boys and 4 girls. Procedure for data collection is done by observation, field notes, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation, and conclusions. From the results of the study, that the independence of children aged 4-5 years in group A is good. this is seen when children can adjust to a school environment without parents, children can share, children can interact with friends, children do things on their own initiative, children can solve problems children can be patient in the queue, children can wash their own hands, children can open drinking bottles and eat in their own place, children can eat and drink by themselves, children can use adhesive shoes, children children's children can complete assignments from the teacher, children dare to say what they want, children have high curiosity, children admit mistakes that have been made, children are able to be responsible for themselves. And for the role of the teacher as a motivator, mentor, and inspirator where the role of the teacher is very helpful for the child to implement independence in daily life.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 15:58
Last Modified: 30 Nov 2021 15:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9311

Actions (login required)

View Item View Item