LAILI, NASYIATUL (2019) PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR “Penelitian Kualitatif Deskriptif Mengenai Pemanfaatan Perpustakaan Untuk Mendukung Budaya Literasi Membaca di SDN Banjar Agung 4 Kelas I/B”. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAANUNTUK MENDUKUNG BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR.PDF Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan untuk mendukung budaya literasi yang dilakukan oleh guru, khususnya guru kelas 1/B SDN Banjar Agung 4. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen utama melalui penelitian langsung dengan pendekatan secara naturalistik. Penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pendahuluan dan pengembangan aktivitas. Tahap pendahuluan terdiri dari kajian referensi dan lapangan untuk mendapatkan informasi akurat tentang permasalahan penelitian. Tahap pengembangan meliputi kegiatan pengembangan dan validasi pengumpulan data penelitian. Pengumpulan data yang sudah divalidasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal terpenting dari peran guru pada proses kegiatan pembelajaran yang mendukung budaya literasi yang ditunjukkan oleh guru di sekolah dasar tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | his study aims to describe the use of libraries to support the culture of literacy carried out by teachers, especially teachers in class 1 / B Banjar Agung SDN 4. This study uses a qualitative type, where researchers as the main instrument through direct research with naturalistic approaches. This study consists of two stages, namely the preliminary stage and the development of activities. The preliminary stage consists of reference and field studies to get accurate information about research problems. The development phase includes the development and validation of research data collection activities. Validated data collection is used to collect data. The results of the study indicate that the most important thing about the role of the teacher in the process of learning activities that supports the literacy culture shown by the teacher in the elementary school. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 14:46 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 14:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9306 |
Actions (login required)
View Item |