Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU PADA PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG

Chaerunnisa, Apriyani (2019) PERAN GURU PADA PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN GURU PADA PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran guru pada pembinaan kecerdasan emosional siswa yaitu dengan menanamkan nilai moral, spriritual dan emosional melalui pendidikan karakter di SMA Negeri 6 Kota Serang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan kepala sekolah, siswa, serta tempat dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pendidikan di SMA Negeri 6 Kota Serang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 6 Kota Serang dalam menjalankan perannya bukan hanya mengajar dan menyampaikan materi pelajaran semata. Guru juga bertanggung jawab untuk membantu memperbaiki sikap maupun perilaku siswa disekolah agar menjadi lebih baik lagi. Dengan mengembangkan kemampuan kognitif akan berpengaruh terhadap sikap dan kecerdasan emosional siswa. Guru senantiasa memberikan motivasi, arahan, dan nasihat pada siswa untuk bersikap baik dilingkungan sekolah, namun tidak jarang juga ditemukan gurunya yang kurang dalam memberikan stimulus. Akibatnya masih ada beberapa siswa yang kurang memiliki minat untuk belajar sehingga pada saat KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung ada beberapa siswa yang kurang fokus. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada perilaku siswa, karena siswa akan bersikap kurang baik. maka dari itu antara kemampuan kognitif dengan kecerdasan emosional siswa harus seimbang agar siswa tidak hanya cerdas secara intelektual melainkan juga cerdas dalam emosionalnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJuanda, SastraUNSPECIFIED
Thesis advisorKuntari, SeptiUNSPECIFIED
Additional Information: The research was aimed to describe the role of teacher on fostering student emotional intelligence with embed moral value, spiritual, and emotional through character education at SMAN 6 KOTA SERANG. This research used descriptive-qualitative method. Data collection method in this research are interviews, observation, and documentation. Research subject are teachers and head master, students, places and events of the activity at SMAN 6 KOTA SERANG. The result showed that the teachers at SMAN 6 KOTA SERANG within teacher‟s role is not only teaching and delivering learning material. The teachers also responsible for helping the student to improve the attitude and behavior at school in order to be better. By developing cognitive abilities will be influential toward the student‟s attitude and emotional intelligence. The teachers always giving motivation, guidance and advice to the students in order to be better at school, however many teachers also rarely provide stimulus. Because of that when KBM (teaching learning process) there are some students not focus. This matter has an effect on student‟s attitude, because the students will be impolite. Therefore, between cognitive abilities and emotional intelligence must be balance in order the students not only has intellectual intelligence but must has emotional intelligence too.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:04
Last Modified: 30 Nov 2021 16:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item