Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN BAZNAS PROVINSI BANTEN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA MELALUI PROGRAM BANTEN CERDAS ( STUDI DESKRIPTIF DI BAZNAS PROV.BANTEN )

Bukhori, Ahmad (2019) PERAN BAZNAS PROVINSI BANTEN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA MELALUI PROGRAM BANTEN CERDAS ( STUDI DESKRIPTIF DI BAZNAS PROV.BANTEN ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN BAZNAS PROVINSI BANTEN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA MELALUI PROGRAM BANTEN CERDAS (STUDI DESKRIPTIF DI BAZNAS PROV.BANTEN ).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peran BAZNAS Prov. Banten pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas, 2) untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dalam program Banten Cerdas yang dilaksanakan BAZNAS Prov.Banten dalam pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera di Provinsi Banten, dan 3) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program Banten Cerdas. Metodologi penelitian yang digunakan ialah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil temuan penelitian apa adanya dilapangan, dalam hal ini digunakan untuk mendeskripsikan peran BAZNAS Prov. Banten dalam pemenuhan hak pendidikan mzaztatasyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi, Sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran BAZNAS Prov. Banten dalam pemenuhan hak pendidikan melalui program banten cerdas dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi pembiayaan bantuan pendidikan, pembinaan kompetensi diri, peran serta warga negara dalam pembiayaan pendidikan, hingga upaya untuk mencegah terputusnya hak pendidikan masyarakat prasejahtera. Selain itu juga untuk mengetahui kegiatan pembinaan anak asuh BAZNAS Banten, Satu Keluarga Satu Sarjana, rumah pintar BAZNAS Banten serta faktor pendorong dan penghambat dalam menjalankan program. Kesimpulan yang diperoleh bahwa BAZNAS Prov. Banten selaku lembaga pemerintah non struktural-independen memiliki peranan dalam memenuhi hak pendidikan masyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas sesuai dengan amanat peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisna As, DennyUNSPECIFIED
Thesis advisorYuni Lestari, RiaUNSPECIFIED
Additional Information: This research has aimed to 1) knowing the role of BAZNAS Banten Province in fullying right of education underprevileged people through Banten Cerdas program, 2) to know activities that do BAZNAS Banten on banten cerdas program in fullying right of education underprevileged in Banten province, and 3) to know pusher and inhibitor factors in implementation banten cerdas program. The research methodology that use is using qualitative approach. While in method that use is using qualitative descriptive method. Descriptive method be used to describe results finding research at the field, in this case be used to describe the role of BAZNAS Banten Province in fullying right of education underprevileged people through Banten Cerdas program. Collecting data technic in this research be used is interview, documentation, and observation, while the check data technic be used ialah source and technic triangulation. The results this research showing that role BAZNAS Banten Province in fullying right of education underprevileged people through Banten Cerdas program can be see of some aspects is a education financing assistance, coaching self competence, role of citizen in financing of education, untill effort preventing break of education right underprevileged people. Beside that also to know coaching activities anak asuh BAZNAS banten, one family one bachelor subprogram, smart home of BAZNAS Banten, and pusher and inhibitor factors in implementation banten cerdas program. Conclusion that can be get is a BAZNAS Banten as a nonstructural- independence govermental institution has roles in fullying right of education underprevileged people through banten cerdas program conform with constitutions mandate.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:41
Last Modified: 30 Nov 2021 14:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item View Item