Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KREATIVITAS TARI KONTEMPORER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XII SMA NEGERI 2 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XII MIPA 8)

JAJA FIRDAUS, MUHAMAD (2019) PENINGKATAN KREATIVITAS TARI KONTEMPORER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XII SMA NEGERI 2 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XII MIPA 8). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KREATIVITAS TARI KONTEMPORER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XII SMA NEGERI 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Kota Serang. Hal ini dilihat dari kurangnya kemampuan mengeluarkan ide dan ketidakaktifan siswa dalam setiap pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan kreativitas tari kontemporer di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan dan analisis data penelitian ini yaitu melalui data observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi, dengan kriteria keberhasilan 70%. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 Siklus yaitu Siklus I terdiri dari 6 kali Tindakan dan Siklus II terdiri 3 kali Tindakan, untuk meningkatkan kreativitas tari kontemporer masing-masing tindakan meliputi: 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi. Peningkatan kreativitas pada tindakan pra siklus kemampuan kreativitas siswa berada pada skala mulai berkembang yaitu 39,6%. pada siklus I kemampuan kreativitas siswa meningkat yaitu mencapai skala berkembang sesuai harapan 56,71% dan pada tahap siklus II terdapat peningkatan sebesar 74,16 %. Dengan demikian, kreativitas siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kota Serang meningkat melalui model Project Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Pemanasari, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorJunianti Lestari, DwiUNSPECIFIED
Additional Information: The bacround of this research is because the creativity of twelfh grade student at SMA Negeri 2 Kota Serang is low. It can be seen from the lack of the capability in expressing the ideal and liveliness of the students is every subject. The aim of this reseach is knowing the learning process and enhacement of contemporary dance at twelfth gradeof SMA Negeri 2 Kota Serang. The method of this reseacrh used Kemmis classroom action research model Taggart. The collecting data thechique of this research is throught the observation data, field notes, interview and documentation, whit 70% succeed criteria. The implementation of this research is done in two cycles, they are cycle 1 consists of 6 action and cycle 2 consists of 1 action. To increase creativity of contemporary dance the actions are: 1) Planning, 2) Implementation, 3) Evaluation. The capablity of the students are start to devolp in 39,6%. In cycle 1 the creativity capability of the students increase, it reachs in develop as expected scale 56,7% and in cycle 2 there is 74,16% increased at twelfth grade is SMA Negeri 2 Kota Serang increased thtough Project Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:38
Last Modified: 30 Nov 2021 14:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item