SOVIHASTUTI, LAELY (2019) PENGUATAN NILAI KARAKTER PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR Penelitian Deskriptif Kualitatif Mengenai Penguatan Nilai Karakter Percaya Diri Pada Siswa Kelas IV Di SDN Gembor 1 Kota Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGUATAN NILAI KARAKTER PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rasa percaya diri bagaikan dua sisi mata uang yang berlainan namun tidak bisa dipisahkan. Percaya diri bisa tumbuh karena kualitas pendidikan, begitu pun kualitas pendidikan dapat lebih meningkat jika diikuti dengan rasa percaya diri pada pelakunya. Maka tidak akan diragukan lagi bahwa kepercayaan diri siswa akan meningkat dan siswa mampu bersaing dengan temannya disekolah. Karena dengan kepercayaan diri, siswa akan mampu menghasilkan prestasi dan prestasi akan menjadi kebanggaan siswa dan ketika siswa sudah bangga dengan prestasi yang dimilikinya maka akan muncul tingkat kepercayaan diri. Penelitian dengan judul “Penguatan Nilai Karakter Percaya Diri Pada Siswa Kelas IV Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penguatan Nilai Karakter Percaya Diri Pada Siswa Kelas IV Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gembor 1 Kota Tangerang pada bulan februari samapi bulan april 2019. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif, pendekatan yang sangat relevan untuk meneliti fenomena yang terjadi dalam suatu masyarakat, karena pengamatan diarahkan pada latar belakang individu secara holistik dan memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan, bukan berdasarkan pada variable atau hipotesis sehingga pendekatan kualitatif penelitian yang dilakukan dapat memperoleh informasi yang lebih detail mengenai situasi, kondisi dan peristiwa yang terjadi. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV telah memiliki pemahaman mengenai proses perencanaan kegiatan penguatan nilai karakter percaya diri, mampu menyampaikan materi pelajaran yang berkarakter pada saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan, memiliki pemahaman dalam menggunakan media pembelajaran pencak silat serta memberikan hasil dari penguatan nilai karakter percaya diri pada siswa melalui kegiatan ektrakurikuler pencak silat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Confidence is like two different sides of a coin but cannot be separated. Confidence can grow because of the quality of education, even so the quality of education can be increased if followed by confidence in the perpetrators. Then there will be no doubt that student confidence will increase and students will be able to compete with their friends at school. Because with self-confidence, students will be able to produce achievements and achievements will be the pride of students and when students are proud of their achievements, there will be a level of confidence. The research entitled "Strengthening the Value of Confident Characters in Grade IV Students Through Extracurricular Activities in Pencak Silat in Primary Schools". Thesis Study Program of Elementary School Teacher Education and Education Faculty of Sultan Ageng Tirtayasa University 2019. This study aims to determine Strengthening the Value of Confident Characters in Grade IV Students Through Extracurricular Activities in Pencak Silat Elementary Schools. This research was carried out at Gembor 1 SDN Tangerang City in February until April 2019. The research method used is a qualitative approach, a very relevant approach for examining phenomena that occur in a society, because observations are directed at the individual's background holistically and view them as part from a whole, not based on variables or hypotheses so that the qualitative approach of research carried out can obtain more detailed information about the situation, conditions and events that occur. Sampling is done using observation and interview techniques. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that fourth grade teachers have an understanding of the planning process of strengthening character values of self-confidence, being able to convey character material when learning activities are carried out, having understanding in using pencak silat learning media and providing results from strengthening values character of confidence in students through pencak silat extracurricular activities. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 14:32 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 14:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9299 |
Actions (login required)
View Item |