Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MONOPOLI HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN HURUF-HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN (Studi Kuantitatif Pre-Eksperimen One Group Pretest-Posttest di kelas VII SKh Al-Kautsar Kota Cilegon)

Sundari, Silvi (2019) PENGGUNAAN MONOPOLI HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN HURUF-HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN (Studi Kuantitatif Pre-Eksperimen One Group Pretest-Posttest di kelas VII SKh Al-Kautsar Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MONOPOLI HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN HURUF HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan huruf-huruf hijaiyah pada siswa dengan hambatan pendengaran menggunakan Monopoli Hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen one group pretest- posttest yang dilakukan pada 2 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan dengan hambatan pendengaran kelas VII di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran baik secara audio maupun visual. Siswa dengan hambatan pendengaran pada saat proses pembelajaran akan mengoptimalkan indera penglihatan mereka, maka pemilihan media visual yang digunakan harus menarik dan sesuai kebutuhan siswa dengan hambatan pendengaran. Monopoli Hijaiyah adalah media pembelajaran yang mampu membantu siswa dengan hambatan pendengaran untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dalam hal menunjukkan, menyebutkan dan menuliskan huruf-huruf hijaiyah. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test dan post-test one group design. Data yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test diolah menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka diperoleh Thitung = 12 dan berdasarkan nilai kritis untuk uji wilcoxon pada tingkat signifikasi 0,05 dengan jumlah N berjumlah 3 orang, maka diperoleh T tabel = 0, maka Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penelitian ini diterima. Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan Monopoli Hijaiyah terhadap peningkatan pengetahuan huruf-huruf hijaiyah pada siswa dengan hambatan pendengaran. Oleh karena itu disarankan agar media tersebut menjadi pertimbangan bagi para guru untuk diimplementasikan dalam pembelajaran saat di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorListyaningtyas, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorAlamsyah Sidik, SistriadiniUNSPECIFIED
Additional Information: The research aims to improve knowledge the letters hijaiyah to their students with hearing impairment use Monopoly Hijaiyah. The research is experimental research with pre-Experimental design using one group pretest posttest done in 2 boys and 1 female students with hearing impairment in VII class in SKh Al-Kautsar Cilegon city. The technique of the data is observation, test, and documentation. Learning media covered instrument physically used to convey the contents of the material both in audio or visual learning. Students with hearing impairment at the time learning process they would optimize the sense of vision, so the media had to pull the visuals and according to needs student with hearing impairment. Monopoly Hijaiyah is media learning wich was able to help students with hearing impairment to introduce in terms of show, mention and wrote hijaiyah letters. Design research used one group design pretest posttest. The data collected based on the results pretest and posttest processed using wilcoxon test. Based on the results of the testing hypotheses, so obtained Tcount = 12 and based on the critical to wilcoxon test on the level og signifibation in 0,05 the amount N consisting of three students, so obtained Ttable = 0, Ho rejected. Thus hypotheses from research is accepted. On the research, obtained the conclusion that is in the use of Monopoly Hijaiyah to improve knowledge hijaiyah letters to studetns with hearing impairments. Therefore it is suggested that media was consideration for teacher to implemented in learning at the class.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:21
Last Modified: 30 Nov 2021 14:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item