Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAGI ANAK TUNAGRAHITA (Penelitian Anak Tunagrahita di Kelas V SKh Negeri 02 Lebak)

MEIDINY, KARMILA (2018) PENGGUNAAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAGI ANAK TUNAGRAHITA (Penelitian Anak Tunagrahita di Kelas V SKh Negeri 02 Lebak). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAGI ANAK TUNAGRAHITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosa kata pada anak tunagrahita kelas V SDKH di SKh Negeri 02 Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, dengan menggunakan metode story telling. Metode story telling adalah salah satu metode yang mengajarkan anak untuk memperkenalkan anak tentang bahasa yang digunakan untuk membantu meningkatkan kosa kata bagi anak tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah pebelitian SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain A-B-A. Terdapat 1 target behavior yaitu meningkatkan kosa kata. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi terikat. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistic deskriptif, dan ditampilkan melalui grafik. Berdasrakan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan metode story telling meningkatkan kosa kata pada anak tunagrahita. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean pada target behavior.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuwono, JokoUNSPECIFIED
Thesis advisorA. Sidik, SistriadiniUNSPECIFIED
Additional Information: The objective of this research is to know the vocabulary enhancement of mentally retarded children in 5th grade SDKH in SKh Negeri 02 Rangkasbitung Sub-district, Lebak Regency by using story telling method. Story telling method is one of methods which teaches children to know about the language used that helps to enhance the vocabulary of mentally retarded children. Type of this research is SSR Research (Single Subject Research). The design of this research is A-B-A design. There is 1 target behavior which is vocabulary enhancement. The method of data collection was bound observation. The data obtained was analyzed by using descriptive statistics and showed in graphics. Based on the result of this research, it is known that the use of story telling method enhances the vocabulary of mentally retarded children. It is showed by the increase in the mean of the behavior target.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:19
Last Modified: 30 Nov 2021 14:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9294

Actions (login required)

View Item View Item