Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SMP DI SKH AL-IHSAN 02 CILEGON

Dwi Cahya Ningsih, Fadzilah (2019) PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SMP DI SKH AL-IHSAN 02 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SMP DI SKH AL-IHSAN 02 CILEGON.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapatnya anak autis yang sudah duduk di bangku SMP namun masih belum mampu menulis khususnya menulis permulaan. Maka salah satu media pembelajaran yang dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tersebut adalah media kotak pasir. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui peningkatan dari penggunaan media kotak pasir pada kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas II SMP di Skh Al Ihsan 02 Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Research (SSR) dan desain peneletian ini menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisa menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan sesi 4-8-4 (A1-B-A2) dengan target behavior membuat bentuk-bentuk garis dan membuat huruf vokal. Data yang didapat pada target behavior 1 adalah 40% pada fase baseline 1 (A1), 80% pada fase intervensi, dan 71,25% baseline dan target behavior 2 adalah 35% pada fase baseline 1 (A1), 80% pada fase intervensi, dan 71,25% baseline. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas II SMP di SKh Al Ihsan 02 Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorYudha Pratama, ToniUNSPECIFIED
Additional Information: This research was motivated by the existence of an autistic student in junior high school who could not be able to write especially in the beginning. Then, Sandbox was chosen as one of media learning which has become the alternative to improve writing ability at the beginning on that student itself. The objective of this research was to know the improvement of using the sandbox as a media toward autistic student’s writing ability at the beginning at eighth grade in Skh Al Ihsan 02 Cilegon. This research was an experiment by using the Single Subject Research (SSR) approach and A – B – A design was as the design of this research. The researcher collected the data by using observation and documentation and the data was analyzed by using in condition and among condition analysis. This research conducted in a month by 4 – 8- 4 (A1 – B – A2) section and by behavior target which made line shapes and vocal letters. The data was obtained on behavior target 1 was 40 % in baseline phase 1 (A1,) 80% in intervention phase, and 71,25 % in the baseline and behavior target 2 was 35 % in baseline phase 1 (A1,), 80 % in intervention phase and 71,25 % in the baseline. Thus, it can be concluded that the use of sandbox as a media can improve student’s writing ability at the beginning at eighth grade in Skh Al Ihsan 02 Cilegon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:08
Last Modified: 30 Nov 2021 14:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9290

Actions (login required)

View Item View Item