Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BRAILLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SUKU KATA PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS 3 SDKh TRI DHARMA KOTA CILEGON

KUSUMA WARDANI, LULUK (2019) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BRAILLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SUKU KATA PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS 3 SDKh TRI DHARMA KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BRAILLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SUKU KATA PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS 3 SDKh TRI DHARMA KOTA CILEGON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Flashcard Brille terhadap kemampuan membaca permulaan suku kata pada anak dengan hambatan penglihatan kelas 3 SDKh Tri Dharma Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Singel Subject Research. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan seorang siswa tunanetra low vision kelas 3 SDKh Tri Dharma Kota Cilegon. Data penelitian diperoleh menggunakan tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari satu target behavior yaitu kemampuan membaca permulaan suku kata berpola berakhiran huruf konsonan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media pembelajaran Flashcard Braille terhadap kemampuan membaca permulaan suku kata siswa tunanetra. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan subjek W dalam membaca permulaan setelah diberikan intervensi yang dibuktikan dengan skor persentase pada intervensi (B) dan baseline 2 (A2) lebih tinggi jika dibandingkan dengan skor persentase baseline 1 (A1). Pencapaian hasil yang positif terhadap subjek terjadi pada target behavior yaitu membaca permulaan suku kata berpola berakiran huruf konsonan. Pada target behavior Subjek W pada fase baseline 1 (A1) diperoleh data dengan rata- rata 59,15%. Pada intervensi sudah mengalami perubahan karena diberi perlakuan yaitu media pembelajaran Flashcard Braille dengan rata-rata 88.335%. sedangkan pada fase baseline 2 (A2) diperoleh data dengan rata-rata 74,16%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Flashcard Braille dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan suku kata siswa dengan hambatan penglihatan kelas 3 SDKh Tri Dharma Kota Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFebri Abadi, RezaUNSPECIFIED
Additional Information: his research aims to obtain data and information about the use of the media learning Flashcard Braille to improve student’ reading ability in the beginning vocabulary with visual impairtment at third grade of SDKh Tri Dharma Cilegon City learning trough the medium Flashcard Braille. This research is a research experiment approaches to Single Subject Research. The reseacrh desain used, namely the design A1-B-A2. The subject is a student with visual impairtment at third grade of SDKh Tri Dharma Cilegon City. Data collection in the study using reading skills Test beginning consisting of the target behavior i.e. of ability in the biginning vocabulary. The data obtained were analyzed through descriptive statistics and displayed in the form of graphs. The components were analyzed in this study i.e. analysis in condition and analysis between the conditions. The results showed the existence of a positive influence learning media use Flashcard Braille against reading skills beginning students visual impairtment. It can be seen an increase in the ability of subject W in reading beginning after the intervention is evidenced by the given score percentage on intervention baseline (B) and 2 (A2) is higher when compared to baseline percentage score 1 (A1). The achievement of positive results for about the subject occurs on both the target behavior i.e. of ability in the biginning vocabulary. On the target behavior subject W on the baseline phase 1 (A1) obtained data with an average of 59,15%. On intervention has experienced changes namely by an average of 88,335%. While on the baseline phase 2 (A2) retrieved data with average 74,16%. This shows that the using of media Flashcard Braille to improve student’ reading ability in the beginning vocabulary with visual impairtment at third grade of SDKh Tri Dharma Cilegon City.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 14:03
Last Modified: 30 Nov 2021 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item View Item