Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN GAME TEBAK WARNA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA DASAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS III DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG

SARASWATI, SARASWATI (2019) PENGGUNAAN GAME TEBAK WARNA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA DASAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS III DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN GAME TEBAK WARNA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA DASAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS III DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan anak dalam mengidentifikasi warna dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran game tebak warna dalam meningkatkan pegetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III di SKh Samantha Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A-B-A. Target behavior pada penelitian ini adalah mengidentifikasi warna dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan pada fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 sebanyak 4 butir soal. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondsi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III dengan menggunakan game tebak warna di SKh Samantha Kota Serang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean level pada target behavior. Hasil mean level pada fase baseline-1 adalah sebesar 33,33%, lalu meningkat setelah diberikan intervensi dengan menggunakan game tebak warna sebesar 78,12%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat penigkatan pengetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III dengan menggunakan game tebak warna di SKh Samantha Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFebri Abadi, RezaUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the low ability of children to identify basic colors. The purpose of this study was to determine the use of color guessing game learning media in improving basic color knowledge in class III mentally retarded children in the Samantha City of Serang. The research method used is the experimental method using the Single Subject Research (SSR) approach and using the A-B-A research design. The target behavior in this study was to identify basic colors. Data collection techniques in this study used tests given at baseline-1 phase, intervention, and baseline-2 as many as 4 items. The data obtained were analyzed using analysis in conditions and analysis between conditions. Based on the results of the research data analysis, it was found that there was an increase in basic color knowledge in class III mentally retarded children by using a color guessing game at SKh Samantha, Serang City. This is indicated by the increase in the mean level of the target behavior. The results of the mean level in the baseline-1 phase were 33.33%, then increased after being given an intervention by using a color guessing game of 78.12%. This shows that there is an increase in basic color knowledge in class III mentally retarded children by using a color guessing game at SKh Samantha, Serang City.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 13:59
Last Modified: 30 Nov 2021 13:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9286

Actions (login required)

View Item View Item