Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID KIDSTATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKRIMINASI BUNYI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN (Studi Eksperimen dengan Single Subject Research Pada Siswa Kelas V di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang)

ZULFA, FAUZIA (2019) PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID KIDSTATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKRIMINASI BUNYI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN (Studi Eksperimen dengan Single Subject Research Pada Siswa Kelas V di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID KIDSTATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKRIMINASI BUNYI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan diskriminasi bunyi menggunakan media aplikasi kidstastics pada siswa dengan hambatan pendengaran kelas V di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subyek penelitian adalah seorang siswa kelas V di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi kidstatics dapat meningkatkan kemampuan diskriminasi bunyi siswa dengan hambatan pendengaran kelas V di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang. Hal ini ditunjukkan dengan (1) Meningkatkannya Mean Level berurutan dari fase A-B-A yaitu 43,33%, 81,24%, dan 69,99%, (2) Perubahan pada kestabilan data pada setiap fase menunjukkan data yang stabil (100%) dan menunjukkan arah mendatar dan menaik, (3) Adanya perubahan level data antara fase A1/B yang didapat yaitu (+33,33%) dan antara fase B/A2 sebesar (-10%), dan (4) Presentase data overlap yang didapat yaitu 0% pada fase A1/B dan fase B/A2. Dengan demikian maka ditarik disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi kidstatics dapat meningkatkan kemampuan diskriminasi bunyi anak dengan hambatan pendengaran kelas V Sekolah Dasar di Yayasan Sekolah Khusus Samantha Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebri Abadi, RezaUNSPECIFIED
Thesis advisorYudha Pratama, ToniUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to know the ability of sound discrimination use kidstatics application towards 5th grade student with hearing impairment at Samantha special school foundation, Serang city. The research method is experiment with types of research Single Subject Research (SSR) with design of A-B-A. The research subject is a student of 5th grade student at Samantha special needs school foundation, Serang city. The research data collection is through written test and obsecrvation. The research data analysis use of descriptive statistical analysis. The results showed an use the Kidstatics application can improve the ability of discriminate sound towards 5th grade student with hearing impairment at Samantha special school foundation, Serang city. This is indicated by (1) Increasing the sequential Mean Levels of the A-B-A phases, which is 43.33%, 81.24%, and 69.99%,(2) Changes in data stability at each phase show data that is stable (100%) and show an ascending direction, (3) The change in the data level between phases A1 / B is (+ 33.33%) and between phases B / A2 of (-10%),(4) The percentage of overlap data obtained is 0% in the A1/B and B/A2 phases. Thus drawn the conclusion that the use of the kidstatics application can improve sound disrimination ability of children with hearing impairment towards 5th grade student at Samantha special school foundation, Serang city.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 30 Nov 2021 13:53
Last Modified: 30 Nov 2021 13:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item